IHSG Terus Menguat Akibat Kuatnya Likuiditas, What Next??

Wall Street menutup akhir pekan kemaren di zona merah. Pelemahan ini disebabkan oleh turunnya data home resales yang jatuh lebih dalam dari ekspektasi akibat cuaca yang ekstrim. Selain itu kekhawatiran akan pengurangan stimulus yang terlalu cepat, akibat pernyataan dari beberapa pejabat The Fed yang mengindikasikan tetap adanya pengurangan stimulus, membuat indeks ditutup negatif. Dow Jones melemah 29,93 poin (-0,19%) ke level 16.103,30, S&P 500 turun 3,53 poin (-0,19%) ke level 1.836,25 dan Nasdaq berkurang 4,135 poin (-0,10%) ke level 4.263,41. Sepanjang pekan lalu, Dow Jones tercatat melemah -0,3%, S&P 500 berkurang -0,1%, sedangkan Nasdaq berhasil naik +0,5%, yang merupakan penguatan mingguan ketiga berurutan bagi indeks teknologi ini.

Sementara itu, pada penutupan perdagangan akhir pekan, IHSG berhasil menguat 47,93 poin (+1,04%) ke posisi 4.646,15, dengan pemodal asing mencatatkan net buy sebesar Rp 588 miliar. Selama sepekan, IHSG telah melonjak +3,06%, dengan disertai inflow dari net buy asing sekitar Rp. 4,5 triliun. Dan secara kumulatif year to date IHSG berhasil menguat +8,7%, dengan asing mencatatkan net buy hampir sekitar Rp. 9 triliun, dari awal tahun hingga akhir pekan kemaren. Faktor utama penguatan indeks dan terus merangseknya pemodal asing sejak dari awal tahun adalah membaiknya sentimen dari dalam negeri akibat kondisi makroekonomi Indonesia yang diatas ekspektasi pasar. Kontribusi signifikan terutama dari mengecilnya defisit neraca perdagangan akibat surplusnya neraca perdagangan dan ditahannya BI Rate, serta penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS dari sejak awal tahun.

Technically, IHSG kemaren dibuka dengan open gap up (meninggalkan gap di 4598-4613) dan berhasil menembus resisten di 4611. Penguatan IHSG yang telah berlangsung 6 hari berturut-turut, membuat posisi IHSG menjadi overbought secara jangka pendek dan membuka peluang untuk terjadinya aksi profit taking. Namun demikian, tanda-tanda akan terjadinya reversal penurunan masih belum terlihat. Kuatnya likuiditas yang tercermin dari derasnya aliran inflow dari net buy asing membuat IHSG terus melaju. Indeks masih bergerak naik di dalam up trend channelnya. Dan selama trend tersebut tidak patah, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk sementara ini. Tugas kita sebagai trader hanyalah memantau apakah indeks masih bergerak naik diatas support dari uptrend channelnya tersebut.

“Sesuai dengan yang telah kami prediksikan pada pekan lalu, IHSG berhasil menembus MA 200 nya dan mencapai targetnya di 4590-4610. Maka untuk pekan depan, kami perkirakan IHSG berpeluang menuju resisten di level 4725 sebagai target selanjutnya.”

Untuk besok senin, merujuk pada penurunan Wall Street diakhir pekan lalu, namun EIDO yang masih berhasil ditutup menguat +1,33%, ditengah lanjutan release LK FY 2013 dari beberapa emiten dan Rupiah yang bergerak stabil dikisaran Rp. 11.700-11.800/USD, maka IHSG diperkirakan akan bergerak mixed dengan kecenderungan menguat. Adapun untuk level supportnya diperkirakan berada di 4611, dengan level resisten diperkirakan berada di level 4685. Indikator teknikal yang masih bergerak positif, dimana Stochastic bergerak sideways di overbought area, sedangkan MACD yang masih bergerak naik menunjukan kecenderungan indeks untuk masih akan bergerak positif.

23Feb14-IHSGBeberapa saham yang telah kami rekomendasikan sepanjang pekan lalu bergerak sesuai ekspektasi kami. Saham AUTO dan JPFA bergerak naik sesuai prediksi yang kami berikan lewat rekomendasi di grup trading kami, sedangkan ASRI berhasil rebound sesuai harapan kami. Demikian juga dengan ACES yang terkena profit taking setelah mencapai targetnya. Sementara itu untuk WSKT, penurunan sementara ini tertahan di support 640 dan jika dapat menembus 680 akan menuju target selanjutnya di 725.

Untuk mengetahui saham2 apa saja yang berpotensi memberikan profit dan masuk kedalam stock picks pilihan kami pada pekan depan, maka anda dapat bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com. Bagi anda yang berminat dan tertarik untuk bergabung menjadi member premium kami dapat melihat ketentuannya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas atau “KLIK LINK INI”.

Save Trading, Good Luck & GBU Always..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *