IHSG Bergerak Positif di Dalam Up Trend Chanellnya

Wall Street menutup perdagangan akhir pekan kemaren dengan mencatatkan kenaikan, berkat data belanja konsumen AS yang positif dan rencana Pemerintah Tiongkok yang menyatakan siap mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna menggenjot pertumbuhan ekonominya. Dow Jones ditutup naik 58,83 poin (+0,36%) ke level 16.323,06, S&P 500 bertambah 8,58 poin (+0,46%) ke level 1.857,62 dan Nasdaq menguat 4,526 poin (+0,11%) ke level 4.155,759. Dalam sepekan, Dow Jones naik tipis +0,12%, S&P 500 melemah -0,5%, dan Nasdaq turun -2,8%.

Sementara itu, IHSG berhasil naik 45,22 poin (+0,96%) ke 4.768,277 pada jum’at lalu, dengan investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp. 1,2 triliun. Dalam sepekan IHSG mengalami kenaikan +1,45% berkat dorongan net buy asing sekitar Rp. 2 triliun, dan masih positifnya laju rupiah serta spekulasi bakal positifnya data-data ekonomi yang akan dirilis pada awal bulan.

Seperti biasa besok selasa yang merupakan awal bulan, pemerintah akan merilis data-data ekonomi yang diperkirakan positif. Tren inflasi pada Maret 2014 diperkirakan kembali rendah. BI memprediksi inflasi bulan Maret hanya sekitar 0,1%, sehingga inflasi year on year diproyeksikan akan berada pada level 7,3%. Selain itu BI juga memperkirakan adanya perbaikan pada neraca perdagangan periode Februari 2014, yang diperkirakan bakal mencatat surplus sebesar US$ 760 juta. Besarnya surplus neraca perdagangan secara tidak langsung akan membawa dampak positif pada penguatan nilai tukar Rupiah terhadap USD. Sentimen positif ini bakal mengarahkan aliran dana asing masuk ke Indonesia lebih besar lagi, yang menjadikan harapan bagi pergerakan positif IHSG.

Technically untuk sepekan kedepan, IHSG diperkirakan masih akan bergerak positif di dalam up trend channelnya, dengan perkiraan level supportnya berada di 4720. Adapun untuk level resistennya diperkirakan berada direntang kisaran minor gap atasnya, yaitu di level 4808-4816. Sedangkan untuk selasa besok IHSG diperkirakan akan bergerak dikisaran range trading 4728-4782 sebagai level support dan resistennya. Indikator teknikal yang mulai bergerak positif, dimana Stochastic telah golden cross lagi, sedangkan penurunan MACD mulai melandai, menunjukan tanda-tanda reversal mulai terjadinya pembalikan arah, pasca penurunan beberapa waktu lalu akibat rencana naiknya suku bunga The Fed.

30Mar14-IHSG

Untuk mengetahui saham2 apa saja yang berpotensi memberikan profit dan masuk kedalam stock picks pilihan kami, maka anda dapat bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com. Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Save Trading, Good Luck & GBU Always..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *