Euforia Pilpres Berakhir, What Next??

Bursa saham AS berakhir menguat pada penutupan perdagangan akhir pekan kemaren. Wall Street berhasil melaju menjelang penutupan, sehingga membalikan pelemahan yang terjadi di awal perdagangan. Saham-saham berbasis teknologi berhasil menyokong pergerakan bursa AS, mengimbangi kecemasan di Uni Eropa atas krisis di perbankan Portugal. Pelaku pasar tetap akan fokus pada kinerja emiten yang akan mulai merilis laporan keuangan pada pekan depan. Dow Jones ditutup naik 28,74 poin (+0,17%) di level 16.943,81, S&P 500 menguat tipis 2,89 poin (+0,15%) di level 1.967,57 dan Nasdaq bertambah 19,29 poin (+0,44%) di level 4.415,49. Namun dalam sepekan Dow Jones mengalami penurunan -0,7%, S&P 500 melemah -0,9% dan Nasdaq merosot -1,6%.

Dari dalam negeri, aksi profit taking yang dilakukan oleh investor lokal membuat IHSG terpangkas turun 65,411 poin (-1,28%) ke level 5.032,599. Namun demikian investor asing masih membukukan net buy hampir sebesar Rp. 840 milyar dipasar reguler, turun dari Rp. 4,17 triliun sehari sebelumnya. Posisi IHSG yang sudah tinggi ditambah pelemahan bursa global akibat krisis perbankan di Portugal dan Konflik Israel-Palestina turut memberi sentimen negatif terhadap pergerakan IHSG pada akhir pekan kemaren.

Meski terkoreksi, sepanjang pekan kemaren IHSG berhasil menguat +2,58% didorong oleh euforia selesainya Pilpres dengan aman dan damai, serta kuatnya net buy asing sebesar Rp 7 triliun dalam sepekan, setelah pasangan capres-cawapres yang sesuai ekspektasi pasar, Jokowi-JK tercatat unggul dalam hasil quick count versi beberapa lembaga survei. Namun euforia pilpres ini tidak bertahan lama, setelah kedua belah pihak meng-claim kemenangan kubu masing-masing dalam pilpres kali ini.

Fluktuasi di pasar diperkirakan akan terus berlanjut hingga kepastian hasil perhitungan suara real count oleh KPU pada 22 Juli 2014. Belum lagi jika salah satu capres yang kalah nantinya akan mengajukan banding ke Mahkamah Konstitusi. Maka itu saya pikir, volatilitas di pasar keuangan akan terus terjadi, bahkan hingga Oktober 2014, ketika pemerintahan baru sudah terbentuk dan dilantik. Karena investor juga menunggu tim kabinet yang akan dibentuk oleh pemerintahan baru nantinya.

Secara teknikal, baik IHSG maupun saham-saham blue chips banyak memunculkan signal beli dan masih berpotensi berlanjut pada tanggal 22 Juli 2014 nanti. Terutama jika Jokowi dinyatakan resmi sebagai pemenang Presiden oleh KPU dan semuanya berjalan lancar, aman, tentram dan damai, maka IHSG berpotensi melanjutkan rally kenaikannya menuju target di level 5326.

Technically untuk perkiraan pergerakan sepekan kedepan, IHSG kemungkinan akan mencoba menutup gap bawah terdekat di 4989-5008 sebagai level supportnya. Setelah itu IHSG akan mencoba rebound kembali dikisaran area 5030-5090. Kemungkinan setelahnya, market akan cenderung untuk berkonsolidasi dulu sambil menunggu keputusan KPU tanggal 22 Juli 2014. Akan tetapi jika gap 4989 gagal dipertahankan dan ditembus kebawah maka IHSG berpotensi turun menuju kekisaran support selanjutnya di 4905-4960.

13Juli14-IHSG

Euforia pilpres kemaren memberi berkah bagi member kami. Sebagian besar saham rekomendasi kami berhasil mencapai target-tergetnya dan memberikan profit, seperti BBNI (+7,4%), WSKT (+16,4%), ASII (+8,8%), KIJA (+5,6%), ASRI (+7,4%), SMBR (+5,8%) dan ACES (+5,7%). Untuk besok senin, saham-saham perbankan, konstruksi, dan semen, indikasi profit taking masih akan berlanjut namun terbatas. Potensi penguatan lebih jauh juga masih terlihat, sehingga strategi BOW masih bisa dilakukan bagi yang mampu memfaatkannya. Dengan memanfaatkan support dan resisten untuk mengambil posisi beli ataupun jual dan melihat range harga yang cukup lebar, maka peluang trading bisa dimanfaatkan oleh para day trader maupun swing trader.

Untuk itu, sudahkah anda mempunyai strategi trading yang baik? Apakah anda sudah menyiapkan diri menyambut peluang yang terbuka lebar pasca berakhirnya pilpres ini?

Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ide trading atau mendapatkan trading plans dari saham-saham yang berpotensi memberikan profit, serta ingin mengkonsultasikan portfolio anda, maka segera bergabunglah ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com. Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Save Trading, Good Luck & GBU Always..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*