Wall Street Rebound, IHSG Gimana…??

Mengakhiri perdagangan akhir pekan kemaren, IHSG ditutup turun tipis 13,218 poin (-0,28%) ke level 5.053,760, dengan investor asing terpantau melakukan net sell sekitar Rp 150 miliar di pasar reguler. Bayang-bayang sentimen negatif yang marak beredar, baik dari dalam dan luar negeri membuat IHSG tertekan sepanjang pekan kemaren. Berlanjutnya sidang gugatan pilpres oleh kubu Prabowo di MK masih menjadi perhatian investor. Ditambah lagi ketidakpastian atas situasi global, seperti yang terjadi di Ukraina, Timur Tengah dan yang terbaru di Irak, setelah Presiden Obama merestui serangan udara ke Irak untuk memburu pasukan ISIS membuat kondisi global memanas. Hal ini membuat sepanjang pekan kemaren IHSG turun sebesar -0,69%, dengan dana asing keluar sebanyak Rp. 1,4 Triliun dalam sepekan.

Sementara itu, kabar bahwa Rusia mengakhiri latihan militernya di perbatasan dengan Ukraina membuat Wall Street mengalami rebound kenaikan cukup tinggi pada akhir pekan kemaren. Kekhawatiran investor yang sedikit mereda, membuat Dow Jones melonjak 185,66 poin (+1,13%) ke level 16.553,93, S&P 500 menguat 22,02 poin (+1,15%) ke level 1.931,59 dan Nasdaq bertambah 35,9 poin (+0,83%) ke level 4.370,9. Rebound yang terjadi di akhir pekan, membuat Dow Jones menguat +0,3%, S&P 500 naik +0,3% dan Nasdaq bertambah +0,4% dalam sepekan.

Oversold-nya Bursa saham AS secara teknikal, membuat peluang rebound yang terjadi di akhir pekan kemaren berpotensi untuk berlanjut pada awal pekan depan besok. Kondisi ini kemungkinan dapat mendatangkan sentimen positif pada bursa regional Asia termasuk Indonesia untuk awal pekan. Selain itu rilis Cadangan devisa Indonesia per akhir Juli 2014 yang tercatat mengalami kenaikan sebesar US 2,8 miliar menjadi US$110,5 miliar, juga dapat menjadi sentimen positif pendorong kenaikan IHSG pada besok senin.

Technically, IHSG masih berkonsolidasi dengan berada di kisaran ideal range trading 5000-5150. Secara spesifik, support berada dikisaran 4989-5015. Adapun resistennya berada di 5155-5165. Walaupun indikator teknikal mengindikasikan adanya potensi pelemahan dalam jangka pendek, namun selama level 5000 sebagai support penting mampu dipertahankan, maka IHSG masih berpotensi untuk menguat.

10Agustus14-IHSG

Untuk besok senin, IHSG diperkirakan akan bergerak dengan support di 5040, sedangkan gap 5085-5091 akan menjadi resistennya. Indikator teknikal masih cenderung bergerak negatif, dimana Stochastic dan MACD bergerak turun, sedangkan volume transaksi yang menurun menunjukan bahwa tekanan jual yang terjadi masih dalam kategori wajar.

“Secara history, selama bulan Agustus IHSG lebih cenderung untuk mengalami konsolidasi. Dalam 10 tahun terakhir, hanya 2 kali IHSG berakhir dengan kenaikan dibulan Agustus. Bahkan dalam 4 tahun terakhir, selama bulan Agustus IHSG identik dengan koreksi. Melihat historikal tersebut, maka sebaiknya pelaku pasar disarankan melakukan posisi trading. Untuk itu diperlukan analisa yang tepat dengan trading plans yang jelas.”

Dari beberapa saham yang saya review, belum ada tanda2 indikasi penguatan yang benar2 solid. Saham BBRI dan KLBF terlihat masih berpotensi mengalami teknikal rebound. Potensi rebound untuk BBRI hingga kisaran 11.150-11.300. Sedangkan KLBF dapat menutup gap 1700-1710, dengan minor target rebound di 1675 jika mampu menembus resisten 1635. Sedangkan saham-saham coal sector terlihat mulai berat untuk melanjutkan kenaikannya dan mulai terkena profit taking. Saham2 konstruksi dan properti terlihat bergerak mixed. Selengkapnya untuk level support dan resisten per saham akan dibahas lebih detail di grup nantinya khusus bagi member premium kami.

Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ide trading atau trading plans dari saham-saham yang berpotensi memberikan profit, serta ingin mengkonsultasikan portfolio anda, maka segera bergabunglah ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com. Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Save Trading, Good Luck & GBU Always..

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*