Berakhir Sudah Seluruh Proses Pilpres, What Next For IHSG?

Pasca putusan MK soal Pilpres 2014 yang menolak seluruh gugatan pasangan Prabowo-Hatta, IHSG terkena aksi profit taking dengan ditutup turun tipis 7,240 poin (-0,14%) ke level 5.198,896. IHSG gagal menyentuh rekor intraday tertingginya sepanjang masa yang pernah dicapai pada 21 Mei 2013 di level 5.251,296, gara-gara aksi ambil untung tersebut. Akan tetapi dalam sepekan, IHSG berhasil menguat sebesar +0,97% mengapresiasi hasil positif dari putusan MK dan penguatan yang terjadi pada mayoritas Bursa Global dan Regional.

Dari pasar AS, Wall Street ditutup mixed pada akhir pekan kemaren, dengan sebagian besar saham berakhir di zona merah akibat meningkatnya kembali ketegangan di Ukraina, setelah muncul kabar bahwa Rusia kembali mengerahkan pasukan di dekat perbatasan dengan Ukraina. Disamping itu market menyikapi komentar Janet Yellen, yang menyatakan bahwa perekonomian AS telah menyerap banyak tenaga kerja dan laju inflasi yang stabil, sehingga peluang percepatan kenaikan Fed Rate tetap terbuka dan hal ini dilihat sebagai kekecewaan oleh beberapa pelaku pasar. Dow Jones ditutup turun 38.27 poin (-0.22%) ke level 17,001.22, S&P 500 melemah 3,97 poin (-0,20%) ke level 1.988,4, dan Nasdaq berhasil menguat 6,45 poin (+0,14%) ke level 4.358,55. Namun sepanjang pekan lalu, Dow Jones berhasil menguat +2,03%, S&P 500 naik +1,7% dan Nasdaq bertambah +1,65% berkat membaiknya data ekonomi AS dan meredanya ketegangan geopolitik.

Berakhir sudah segala proses pilpres, setelah MK menolak seluruh gugatan Prabowo – Hatta dan menetapkan pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2014-2019 yang sah menurut konstitusi. Putusan tersebut sekaligus mengakhiri pro – kontra pesta demokrasi yang selama ini membuat situasi politik dalam negeri memanas. Dengan berakhirnya seluruh proses pilpres maka ketidakpastian akan kondisi politik di Indonesia setidaknya berkurang.

Saat ini pelaku pasar masih akan melihat sejauh mana arah kebijakan ekonomi pemerintahan baru dari presiden terpilih Jokowi akan diterapkan. Investor masih memantau seperti apa susunan kabinet yang akan menjalankan pemerintahan baru, terutama untuk posisi strategis seperti menko perekonomian, menteri keuangan, menteri perdagangan, dan lain-lain. Jika susunan kabinet ini bisa diterima oleh pasar, maka IHSG bisa menguat lebih tinggi lagi.

Namun melihat belum adanya indikasi baru yang benar2 solid pasca berakhirnya seluruh proses pilpres, maka IHSG diperkirakan akan kembali memasuki masa “hold period”, dengan kecenderungan melemah terbatas dalam jangka pendek. Posisi IHSG yang sudah over bought membuka peluang terjadinya profit taking pada pekan terakhir di bulan Agustus ini.

Technically, IHSG masih bergerak dalam trend naik. Untuk besok senin, IHSG diperkirakan akan bergerak dengan level support di 5155 dan resisten berada di level 5237. Indikator teknikal yang bergerak mixed, dimana Stochastic berada di overbought area, sedangkan MACD yang masih bergerak sideways, mengindikasikan kecenderungan indeks masih berkonsolidasi. Untuk sepekan ke depan, jika tidak ada gejolak yang luar biasa baik dari dalam dan luar negeri, maka secara teknikal IHSG diperkirakan akan diperdagangkan dikisaran range trading 5130-5250.

Dari beberapa saham blue chip yang saya amati, di banking sector hanya BBRI dan BBNI yang telihat cukup bagus, sisanya masih berkonsolidasi. Demikian juga saham INTP terlihat menguat menembus resisten, sebaliknya saham semen lainnya masih berkonsolidasi. Untuk saham TLKM dan saham2 konstruksi terlihat mulai ada indikasi profit taking, sehingga bisa dipantau untuk potensi BOW. Kecuali PTBA, saham coal sector terlihat melemah cukup dalam, sehingga menarik untuk dipantau area supportnya sebagai potensi teknikal rebound. Selengkapnya untuk level support dan resisten per saham akan dibahas lebih detail di grup nantinya khusus bagi member premium kami. Bagi yang ingin entry, jangan lupa untuk selalu menerapkan kontrol resiko dan lakukan money manajemen dengan baik.

Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ide trading atau trading plans dari saham-saham yang berpotensi memberikan profit, serta ingin mengkonsultasikan portfolio anda, maka segera bergabunglah ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com. Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Save Trading, Good Luck & GBU Always..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *