Pressure On IHSG, What Should To Do??

Akhir pekan kemaren, IHSG ditutup turun 46,807 poin (-0,93%) ke level 4.987,424, dengan pemodal asing mencatatkan net sell sebesar Rp. 340 Milyar di pasar reguler. IHSG masih dibayangi tekanan akibat belum adanya ketidakpastian atas langkah pemerintah terkait kebijakan BBM subsidi. Berlarutnya ketidakpastian membuat inflasi meningkat karena sejumlah harga barang sudah mengalami kenaikan. Belum lagi banyaknya aksi demo yang menentang kenaikan BBM mulai berlangsung di berbagai kota, ditengah perekonomian Indonesia yang sedang melambat, semakin menimbulkan kecemasan pelaku pasar. Sepanjang pekan kemaren IHSG tercatat mengalami penurunan -2%, dengan investor asing tercatat melakukan net sell sekitar Rp. 250 Milyar di pasar reguler.

Sementara itu, Bursa Wall Street menutup perdagangan akhir pekan kemaren dengan bergerak mixed, di tengah rilis data tenaga kerja AS yang lebih buruk dari perkiraan, meskipun tingkat pengangguran turun menjadi 5,8% dari sebelumnya di 5,9%. Dow Jones menguat tipis 19,46 poin (+0,11%) ke level 17.573,93, S&P500 stagnan-naik tipis 0,7 poin (+0,03%) ke level 2.031,91 dan Nasdaq turun 5,94 poin (-0,13%) ke level 4.632,53. Dengan penutupan tersebut maka Dow Jones dan S&P 500 sama-sama mencatatkan rekor penutupan baru dalam tiga sesi berturut-turut. Dalam sepekan Dow Jones berhasil naik +1,05%, S&P 500 menguat +0,69% dan Nasdaq bergerak stagnan-naik tipis +0,04%.

Laju positif bursa saham global tampaknya tidak cukup kuat mempengaruhi laju IHSG untuk bergerak positif. Sepanjang pekan kemaren IHSG praktis melemah tanpa ada kenaikan sehari pun !! Dalam 5 hari berturut-turut, pelaku pasar melepas portfoilonya akibat rentetan rilis data ekonomi yang negatif. Dimulai dari rilis data inflasi yang melebihi estimasi, dilanjutkan oleh melambatnya data pertumbuhan ekonomi dalam negeri pada kuartal III/2014 yang hanya mencapai 5,01%, belum lagi ditambah ketidakjelasan kebijakan BBM bersubsidi serta isu mengenai UMP mempengaruhi pergerakan bursa kita.

Penurunan IHSG dalam 5 hari berturut-turut yang cukup dalam, bisa mengundang aksi teknikal rebound bagi market pada senin besok. Naiknya cadangan devisa Indonesia menjadi US$ 112 miliar pada akhir Oktober 2014, dari posisi bulan sebelumnya US$ 111,2 miliar dan reboundnya EIDO pada akhir pekan ditutup naik +0,22% dapat menjadi katalis positifnya. Namun perkiraan kenaikan hanya bersifat sementara saja. Terlebih IHSG telah gagal bertahan di support area konsolidasinya di level psikologis 5000, sehingga secara teknikal IHSG masih dalam trend turun.

Technically, IHSG berpotensi untuk turun mengujisupport kritisnya di level 4900 dan juga MA 200 nya yang saat ini berada di level 4897. Penembusan ke bawah 2 level support tersebut, akan mengkonfirmasi penurunan IHSG lebih lanjut, dengan target terdekat di 4840-4800. Namun, saya berharap kalaupun IHSG kembali tertekan maka support kritis tersebut masih mampu dipertahankan. Hanya saja kewaspadaan perlu ditingkatkan jika IHSG gagal bertahan diatas support tersebut.

Hati-hati jika IHSG turun dibawah level 4900, karena akan mengkonfimasikan pembentukan Pola Head & Shoulder dengan peluang koreksi berdasarkan pola tersebut menuju target di 4550-4510.”

Untuk besok senin, IHSG diperkirakan akan bergerak dengan support di 4968 dan support selanjutnya berada di 4945. Adapun untuk level resistennya berada di 5008-5026. Indikator teknikal Stochastic yang bergerak turun, sedangkan MACD yang telah death cross mengindikasikan kecenderungan indeks untuk bergerak negatif.

11Nov14-IHSG

Dari pergerakan saham-saham yang saya amati, rata-rata masih mengarah ke pelemahan. Belum ada katalis positif yang dapat mendorong performa IHSG, karena belum terlihat adanya indikasi penguatan di saham blue chips yang cukup signifikan. Tetap disiplin dengan trading plans yang dibuat dan bagi yang ingin entry, tetap berhati hati dan selalu kontrol resiko, serta lakukan money manajemen dengan baik.

Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ide trading atau trading plans dari saham-saham yang berpotensi memberikan profit, serta ingin mengkonsultasikan portfolio anda, maka segera bergabunglah ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com. Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Save Trading, Good Luck & GBU Always (Nov 9, 2014 @ 12:09)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*