IHSG Berpotensi Melanjutkan Rebound Terbatas

Bursa Wall Street turun pada perdagangan akhir pekan, dibayangi kekhawatiran mentoknya kesepakatan penyelesaian utang antara Yunani dengan krediturnya di Eropa. Utang Yunani ke IMF sebesar € 1,5 miliar yang akan jatuh tempo pada akhir bulan 30 Juni, dikhawatirkan tidak akan terbayar. Dow Jones turun 101,56 poin (-0,56%) ke level 18.014,28, S&P 500 melemah 11,48 poin (-0,54%) ke level 2.109,76 dan Nasdaq berkurang 15,95 poin (-0,31%) menjadi 5.117,00. Walaupun turun diakhir pekan, namun dalam sepekan bursa saham utama AS masih mampu menguat, dengan Dow Jones naik +0,65%, S&P 500 menguat +0,76%, dan Nasdaq melonjak +1,3%, berkat di tundanya kenaikan suku bunga AS oleh The Fed.

Dari dalam negeri, IHSG berhasil ditutup naik 39,507 poin (+0,80%) ke level 4.985,006 pada akhir pekan, berkat dorongan dana asing yang mengalir kembali ke bursa sebesar Rp. 263 milyar di pasar reguler. Dalam sepekan kemaren IHSG mampu rebound sebesar +0,99%, mengakhiri koreksi yang berlangsung dalam 3 pekan sebelumnya. Investor asing terlihat mulai berburu saham lagi dengan mencatatkan net buy sebesar Rp. 195 milyar sepanjang pekan kemaren.

Ditundanya kenaikan suku bunga The Fed, mengurangi tekanan pada pasar emerging market untuk sementara. IHSG berhasil mengalami teknikal rebound, setelah sebelumnya mengalami penurunan hampir sebesar 500 poin dalam 3 pekan terakhir. Walaupun kemungkinan IHSG masih mampu melanjutkan reli terbatas, namun rebound ini belum cukup kuat, mengingat kondisi pasar sementara ini masih belum pulih dari sentimen negatif.

Penundaan kenaikan suku bunga The Fed juga membuat situasi ketidakpastian di pasar semakin panjang. Pelaku pasar masih harus menunggu hingga akhir tahun atau awal tahun depan untuk mengetahui kepastian naiknya Fed Fund Rate. Selain itu hingga akhir bulan ini, pelaku pasar juga masih disuguhi oleh drama masa depan Yunani di zona Euro.

Sementara dari dalam negeri, belum terlihat adanya perbaikan dari indikator makro ekonomi Indonesia. Meningkatnya risiko pasar masih dipicu oleh memburuknya sejumlah indikator makro ekonomi Indonesia seperti pelemahan rupiah yang mendekati level Rp. 13.400/USD, tingginya tingkat inflasi dan perlambatan perekonomian domestik, serta keluarnya dana dari pasar saham, masih membayangi pelaku pasar.

Memasuki awal Ramadhan, volume transaksi terlihat mulai menurun. Walaupun demikian, aksi beli investor asing yang mulai muncul, menjadi angin segar untuk sementara ditengah kondisi pasar yang memang terlihat masih belum terlalu kondusif. Tapi secara teknikal, mulai terlihat ada tanda-tanda sedikit pulih. Indikator teknikal Stochastic bergerak naik dengan berhasil keluar dari area over sold. Penurunan MACD mulai berbalik arah dan berpotensi terjadi golden cross. Dari kondisi ini, secara teknikal saya menyimpulkan IHSG dalam jangka pendek ada potensi melanjutkan penguatannya, walaupun dalam jangka menengah kemungkinannya hanya berkonsolidasi.

Perkiraan IHSG untuk minggu depan akan konsolidasi cenderung bergerak menguat terbatas. Range trading IHSG diperkirakan berada di kisaran level 4826-5015. Penembusan keatas level 5015, membuka potensi rebound lebih lanjut menuju kisaran 5075-5085. Sementara untuk senin awal pekan besok, IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran support 4950, sedangkan untuk resistennya diperkirakan berada di 5015.

21Juni15-IHSG

Walaupun belum terlalu aman, tapi IHSG mulai terlihat mendingan. Rebound teknikal masih berpeluang berlanjut, sehingga bisa dimanfaatkan untuk trading jangka pendek dulu. Boleh sedikit lebih agresif untuk melakukan BOW pada support-support kuat dari tiap-tiap saham yang memiliki fundamental baik. Tapi bagaimanapun tetap safe trading dan selalu kontrol resiko dengan tetap disiplin pada trading plans yang telah dibuat.

Untuk sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis untuk pekan ini. Mengenai detail support dan resisten, serta target dari saham-saham yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek, akan diulas khusus di area member premium. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook dan ide trading, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Save Trading, Good Luck & GBU Always

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*