Tembus Resisten, IHSG Bersiap Untuk Bergerak Positif

Bursa saham AS ditutup naik pada akhir pekan, ditopang oleh kenaikan di saham ritel. Investor juga merespon komentar beberapa pejabat Fed Reserve mengenai kebijakan moneter tentang waktu kenaikan suku bunga. Selain itu pernyataan ketua Bank Sentral Eropa, Mario Draghi tentang stimulus baru untuk Eropa turut memberi sentimen positif bagi Wall Street. Dow Jones di tutup naik 91,06 poin (+0,51%) pada level 17.823,81, S&P 500 menguat 7,93 poin (+0,38%) berakhir di 2.089,17 dan Nasdaq bertambah 31,28 poin (+0,62%) menjadi 5.104,92. Dalam sepekan Dow Jones menguat +3,35%, S&P 500 naik +3,27%, dan Nasdaq melonjak +3,59%.

Dari dalam negeri, IHSG di tutup menguat diakhir pekan terimbas oleh sentimen positif menguatnya mayoritas bursa saham regional. IHSG di tutup naik 42,394 poin (+0,94%) pada level 4.561,334, dengan investor asing membukukan net buy sebesar Rp. 159 milyar dipasar reguler. Sepanjang pekan kemaren IHSG berhasil rebound dan menguat +1,98%, namun investor asing mencatatkan net sell sebesar Rp. 355 milyar di pasar reguler.

Setelah dalam beberapa waktu terakhir melakukan manuver dengan mencatatkan net sell, aksi jual investor asing terlihat mulai melambat dalam beberapa hari terkahir. Sejalan dengan itu, kurs nilai tukar rupiah juga terlihat mulai membaik. Seperti diketahui, pada pertengahan pekan lalu sempat mengkhawatirkan dan jatuh keatas 13.800/US$ akibat kekhawatiran akan kenaikan suku bunga The Fed pada bulan Desember, rupiah berhasil menguat dan di tutup di level Rp13.623/US$ pada akhir pekan kemaren. Diduga hasil risalah dari pertemuan terakhir The Fed dan pidato dari beberapa pejabat tinggi Federal Reserve yang mengisyaratkan kenaikan Fed Fund Rate akan dilakukan secara bertahap menjadi faktor positif yang mengurangi tekanan pada market.

Technically, IHSG berhasil menembus resisten trend turun jangka pendeknya setelah menjebol resisten dari pola Falling Wedge. Dengan berhasil break out dan keluar dari pola tersebut, berarti IHSG sudah lepas dari fase turun jangka pendeknya dan bersiap mengakhiri konsolidasinya untuk kembali menguat. Indikator teknikal bergerak positif, dimana Stochastic bergerak naik, sedangkan MACD berpotensi golden cross dan masih diatas centreline. Dari indikasi tersebut maka IHSG dalam jangka pendek terlihat mulai bergerak positif dengan kecenderungan menguat. Resisten terdekat IHSG berada di 4614, dengan resisten selanjutnya berada di 4696. Sementara untuk support IHSG pekan depan berada di gap bawah 4452-4474.

22November15-IHSG

Kedepan, pasar menantikan rilis kebijakan ekonomi lanjutan pemerintah jilid VII dan issue reshuffle kabinet jilid II yang kemungkinan akan terjadi perombakan di pos menteri sektor ekonomi dan hukum. Sementara untuk pekan depan, tidak ada data penting dari dalam negeri. Sementara data dari luar negeri yang perlu dicermati adalah pengumuman data GDP AS pada hari selasa depan dan hari rabu akan dirilis data durable goods orders. Kedua data tersebut penting, karena akan menjadi petunjuk bagi kepastian kenaikan Fed rate pada bulan depan. Sementara pada hari kamis-nya, bursa AS akan libur menyambut Thanksgiving Day.

Untuk awal pekan besok IHSG diperkirakan masih akan melanjutkan kenaikannya, ditopang oleh penguatan Bursa Wall Street. IHSG akan mencoba kembali melewati level 4600. Beberapa saham mulai menembus resisten seperti saham ADHI dan WSKT (telah kami rekomendasikan pada hari kamis lalu). Sementara saham SMRA juga berhasil menembus resisten 1510-1520, sehingga berpotensi menuju target di 1680-1700. Selamat bagi yang telah membeli.

Untuk sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas khusus di area member premium. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook dan ide trading, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *