IHSG Naik Pelan Jelang Pilkada Serentak

Bursa Wall Street melanjutkan penguatannya dan kembali mencetak rekor tertinggi baru pada penutupan perdagangan akhir pekan, didorong oleh kenaikan harga minyak yang mendorong penguatan saham-saham energi dan optimisme terhadap kebijakan ekonomi Presiden Donald Trump. Dow Jones naik 96,97 poin (+0,48%) ke level 20.269,37, S&P 500 menguat 8,23 poin (+0,36%) ke angka 2.316,1 dan Nasdaq bertambah 18,95 poin (+0,33%) ke 5.734,13. Sepanjang pekan, Bursa AS berhasil kembali di tutup menguat berkat harapan perbaikan ekonomi  yang akan dilakukan oleh Presiden Donald Trump  seiring dengan janjinya untuk melakukan reformasi pajak dalam waktu dekat. Dalam sepekan Dow Jones berhasil naik +0,99%, S&P 500 meningkat +0,81% dan Nasdaq menguat +1,19%.

Dari dalam negeri, IHSG ditutup turun tipis 0,408 poin (-0,01%) ke level 5.371,669 pada akhir pekan. Investor asing mencatatkan net foreign buy di pasar reguler sebesar Rp. 128 miliar. Dalam sepekan IHSG berhasil menguat tipis +0,2%, dengan ditopang oleh aliran dana asing yang membanjiri bursa sebesar Rp. 2,43 Triliun di pasar reguler.

Derasnya aliran dana asing yang masuk sepanjang pekan lalu dipengaruhi sentimen dari dalam negeri. Rilis data ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2016 yang tumbuh lebih baik dari tahun sebelumnya, peningkatan cadangan devisa karena membaiknya neraca perdagangan Indonesia dan kenaikan rating outlook Indonesia dari stabil ke positif oleh Moody’s, menjadi katalis positif bagi minat beli investor asing. Namun demikian kondisi ini tidak membuat IHSG naik banyak jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Penguatan IHSG masih sedikit tertahan karena investor domestik masih menunggu jalannya pelaksanaan pilkada serentak di 101 daerah di Indonesia pada pekan ini.

Sesuai prediksi sebelumnya, IHSG berhasil menerobos resisten level 5360 dan telah mengakhiri konsolidasi jangka pendeknya. Namun kenaikan IHSG belum berhasil menjebol ke atas level 5400, walaupun sempat menyentuh level tersebut pada akhir pekan kemaren. Technically, kondisi IHSG saat ini dalam fase naik jangka pendek. Dari indikator teknikal, moving average periode pendek masih berada di atas Moving Average periode panjang. Sementara MACD cenderung bergerak naik diatas centreline. Kondisi ini menunjukan bahwa IHSG masih dalam trend pergerakan positif dalam jangka pendek. Untuk pekan ini, jika mampu melewati level 5400, maka IHSG berpeluang untuk menuju resisten 5440 dan berpotensi menutup gap di 5443. Sedangkan untuk supportnya diperkirakan berada dikisaran 5294-5300.

Pekan ini pelaku pasar akan mencermati data neraca perdagangan bulan Januari dan pengumuman BI rate yang akan dirilis pada hari kamis. Diperkirakan BI belum akan menaikan atau menurunkan tingkat suku bunga acuannya yang menggunakan suku bunga 7 hari repo yang saat ini berada pada level 4,75%. Sementara dari luar negeri, beberapa agenda dan data ekonomi yang diperkirakan akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar adalah:

  • Hari Senin: Rilis data GDP Jepang
  • Hari Selasa: Rilis data inflasi China, Rilis data inflasi Inggris, Rilis data GDP dan inflasi Jerman, Pernyataan Ketua The Fed Janet Yellen
  • Hari Rabu: Rilis tingkat pengangguran Inggris, Rilis data inflasi, penjualan ritel dan data persediaan minyak AS, Testimoni Ketua The Fed Janet Yellen
  • Hari Kamis: Rilis data klaim pengangguran AS
  • Hari Juma’t: Rilis data penjualan ritel Inggris

Kekhawatiran terhadap aksi demo 112 sempat menahan kenaikan IHSG pada akhir pekan kemaren. IHSG yang sempat positif, tiba-tiba di tutup turun tipis pada saat pre closing, akibat anjloknya saham BBCA dan INTP saat penutupan perdagangan. Melihat pada akhirnya bahwa demo 112 berakhir damai, maka IHSG berpeluang untuk menguat kembali pada awal pekan besok. Disisi lain, penguatan Bursa AS yang kembali mencetak rekor penutupan tertinggi sepanjang sejarahnya dan kenaikan harga minyak serta komoditi logam, akan menjadi katalis pendukung bagi penguatan IHSG pada hari senin besok. IHSG diperkirakan akan bergerak menguat dikisaran support 5349, sedangkan resistennya di 5406.

Sementara pada hari selasa, IHSG diperkirakan akan kembali berkonsolidasi jelang libur menyambut pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada Rabu 15 Februari 2017. Disisi lain, fokus perhatian investor juga tertuju pada pidato dan testimoni Ketua The Fed Janet Yellen pada pertengahan pekan. Hasil dari testimoni Yellen dan Pilkada khususnya DKI, akan menentukan arah pergerakan IHSG pekan ini. Jika semuanya berjalan aman dan lancar, maka IHSG diperkirakan akan kembali menguat pada akhir pekan didorong oleh harapan bahwa investor asing masih akan terus melakukan aksi beli saham unggulan setelah naiknya outlook peringkat Indonesia dan jelang rilis laporan kinerja keuangan kuartal IV-2016.

Untuk sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Jika melihat aliran dana asing yang mulai masuk deras ke bursa Indonesia, maka kami memperkirakan IHSG masih berpotensi melanjutkan penguatannya menembus keatas 5400. Walaupun begitu, bagi trader untuk pekan ini disarankan tetap lakukan safe trading dan tunggu hingga keadaan lebih jelas. Terapkan strategi trading jangka pendek sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor jika terjadi pelemahan, masih bisa dimanfaatkan dengan melakukan buy on weakness secara bertahap, terutama pada saham-saham yang diperkirakan masih memiliki prospek kinerja cemerlang jelang rilis laporan keuangan kwartal IV 2016.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Special promo diskon biaya membership di ulang tahun ke-6 Step-trader.com.

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke 6, kami memberikan diskon khusus membership yang berlaku bagi pendaftar baru maupun member aktif yang ingin menambah periode membership yang sudah ada saat ini. Diskon khusus ulang tahun ini berlaku bagi pendaftar yang melakukan konfirmasi pembayaran selama bulan Februari 2017 ini. Pendaftaran member baru ataupun perpanjangan biaya membership selama bulan Februari kami berikan diskon 40%, dari Rp. 500.000 per bulan menjadi Rp. 300.000,- per bulan dan berlaku kelipatannya. Jika mengambil paket 1 tahun langsung, kami berikan diskon tambahan 2 bulan free, menjadi sebesar Rp. 3.000.000,- per tahun.  Dan apabila bergabung dalam grup untuk 3 orang dengan membayar langsung setahun diberikan harga Rp. 6.000.000,- per paket untuk 3 orang per tahun. Bagi member baru yang ingin mendaftar caranya dapat dilihat disini:  http://step-trader.com/member-area. Ayo segera manfaatkan kesempatan ini!

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Join layanan messaging satu arah di Channel Telegram Messenger kami untuk mendapatkan update rekomendasi langsung melalui smartphone Anda. Silahkan download Telegram Messenger di Playstore atau Appstore anda. Temukan kami dengan search: @steptrader

atau…

klik link berikut: https://telegram.me/steptrader

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*