Bersiap Lanjutkan Kenaikannya, IHSG Berpeluang Untuk Mencetak Rekor Baru

Bursa Wall Street melemah pada penutupan perdagangan akhir pekan karena penurunan harga minyak dan investor terlihat sangat berhati-hati dalam bertransaksi jelang pemilu Prancis putaran pertama, setelah melihat apa yang terjadi dengan Inggris pada tahun lalu. Disisi lain, rencana presiden AS Donald Trump untuk mengumumkan kebijakan reformasi pajak AS yang telah lama ditungu-tunggu oleh investor pada Rabu pekan depan, menjadi sentimen positif yang membatasi koreksi akibat pemilu Prancis tersebut. Dow Jones turun 30,95 poin (-0,15%) ke level 20.547,76, S&P 500 kehilangan 7,15 poin (-0,3%) ke angka 2.348,69 dan Nasdaq melemah 6,26 poin (-0,11%) menjadi 5.910,52. Dalam sepekan pasar saham AS berakhir menguat, dengan Dow Jones  naik +0,46%, S&P 500 bertambah +0,85% dan Nasdaq melonjak +1,82%.

Sementara dari dalam negeri, menutup perdagangan akhir pekan IHSG menguat 69,169 poin (+1,24%) ke level 5.664,475, didorong oleh aksi beli investor asing yang mencapai Rp. 614 milyar dipasar reguler. Aksi beli asing ini muncul setelah melihat rilis laporan keuangan kuartal pertama beberapa emiten besar membukukan kinerja bagus. Untuk sepanjang pekan, IHSG berhasil menguat +0,85% dengan investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp. 1,5 triliun di pasar reguler.

Berakhirnya pilkada DKI Jakarta dengan kondusif, aman dan lancar, telah mengakhiri ketidakpastian yang terjadi pada market. Kondisi ini membuat pelaku pasar kembali ke bursa karena melihat investasi Indonesia masih cukup menarik. Membaiknya kinerja eksport yang berefek positif pada surplus neraca perdagangan dan keputusan BI mempertahankan suku bunga setelah melihat nilai tukar rupiah bergerak stabil dan inflasi terjaga, telah membuat investor optimis untuk kembali ke pasar. Selain itu, beberapa emiten big caps telah merilis kinerja di kuartal pertama 2017, mayoritas positif dengan pertumbuhan yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Dari luar negeri, optimisme seputar reformasi pajak AS membuat mayoritas bursa saham global menguat pada pekan lalu. Dalam satu konferensi pers di Washington, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan bahwa pemerintahan Trump memiliki tujuan untuk memenuhi reformasi terbesar pajak sejak era Presiden Ronald Reagan sebelum akhir tahun ini. Di sisi lain, komitmen Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda yang  menyatakan bahwa bank sentral Jepang masih akan melanjutkan kebijakan moneter akomodatifnya, serta mempertahankan laju pembelian aset untuk beberapa waktu menjadi sentimen positif bagi market. Satu-satunya ketidakpastian adalah dari pemilu di Prancis dan resiko geopolitik yang dapat muncul kembali sewaktu-waktu.

Jika tidak ada sesuatu yang luar biasa dari ekternal, IHSG berpeluang untuk melanjutkan penguatannya dan mencetak rekor harga tertinggi baru pada pekan ini.  Secara teknikal, kondisi IHSG saat ini terlihat jauh lebih baik dari pekan sebelumnya. IHSG bersiap untuk melanjutkan penguatannya dan mencetak rekor harga tertinggi baru. Jika mampu melewati level tertinggi sebelumnya di 5680, maka IHSG berpeluang besar untuk menembus keatas level 5700 dengan target menuju resisten disekitar 5726. Sementara untuk support IHSG pada pekan ini berada di level 5577. Indikator teknikal Stochastic telah golden cross lagi, sedangkan MACD masih bergerak mendatar diatas centreline. Dari kondisi teknikal ini menunjukkan bahwa IHSG masih cenderung untuk bergerak positif.

Pekan ini pelaku pasar akan disibukan oleh rilis kinerja keuangan kuartal I-2017, mendekati pekan terakhir batas pelaporan pada akhir bulan April ini. Tidak ada data ekonomi penting dari dalam negeri yang akan dirilis. Sementara dari luar negeri, beberapa agenda dan data ekonomi penting yang diperkirakan akan menjadi perhatian dari para investor adalah:

  • Hari Senin: Pemilihan Presiden Prancis, Rilis data Iklim usaha Jerman
  • Hari Selasa: Rilis keyakinan konsumen AS
  • Hari Rabu: Rilis data persediaan minyak AS
  • Hari Kamis: Keputusan suku bunga dan Pernyataan kebijakan moneter BOJ, Keputusan suku bunga dan konferensi pers ECB, Rilis data keyakinan bisnis zona eropa, Rilis data pesanan barang tahan lama dan data klaim penganguran AS
  • Hari Jum’at: Rilis data inflasi dan tingkat pengangguran Jepang, Rilis data pertumbuhan ekonomi dan keyakinan konsumen Inggris, Rilis data pertumbuhan ekonomi AS

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. IHSG di awal minggu ini kemungkinan masih dapat bergerak menguat kembali, jika tidak ada sesuatu yang luar biasa dari ekternal seperti hasil pemilu Prancis yang diluar dugaan ataupun dari resiko memanasnya kondisi geopolitik antara AS dan Korut. IHSG diperkirakan akan bergerak dengan level support di 5631 dan resisten di 5682 pada awal pekan hari selasa ini.

Disarankan untuk tetap safe trading dan selalu kontrol resiko terutama jelang memasuki bulan Mei, karena market biasanya cenderung mulai melemah. Tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati terutama apabila kondisi ekternal menjadi tidak kondusif dan muncul ketidakpastian pada market seperti jika terjadi perang, dll. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi bisa dimanfaatkan untuk akumulasi, mengingat kondisi fundamental dalam negeri masih cukup positif. Lakukan buy on weakness secara bertahap pada saham-saham yang masih berkinerja bagus, terutama perusahaan yang telah mencatatkan kinerja kuartal pertama mengalami pertumbuhan yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Join layanan messaging satu arah di Channel Telegram Messenger kami untuk mendapatkan update rekomendasi langsung melalui smartphone Anda. Silahkan download Telegram Messenger di Playstore atau Appstore anda. Temukan kami dengan search: @steptrader

atau…

klik link berikut: https://telegram.me/steptrader

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *