Laju Penguatan IHSG Belum Tertahan, Berpeluang Menembus Level 6.700

Bursa saham AS kembali mencatatkan penguatan pada perdagangan akhir pekan, dan lagi-lagi mencetak rekor. Penguatan ini didorong oleh kinerja keuangan korporasi yang mencapai ekspektasi pasar, dan prospek pertumbuhan ekonomi yang masih positif. Pertumbuhan laba kuartal IV 2017 bagi perusahaan yang masuk indeks S&P 500 diperkirakan tumbuh 13,2%, naik dari prediksi awal tahun. Sebanyak 133 perusahaan sudah menyampaikan laporan keuangan, dimana 79,7% mencatatkan kinerja pertumbuhan laba melebihi harapan. Sementara itu, GDP AS naik 2,6% pada kuartal IV 2017 ditopang dari belanja konsumen yang menguat dalam tiga tahun ini. Dow Jones ditutup naik  223,92 poin (+0,85%) ke posisi 26.616,71, S&P 500 menguat 33,62 poin (+1,18%) ke level 2.872,87 dan Nasdaq bertambah 94,61 poin (+1,28%) menjadi 7.505,77. Dalam sepekan, Bursa Wall Street melanjutkan penguatannya menjadi 4 pekan berturut-turut didorong oleh rilis kinerja dan pertumbuhan korporasi. Secara mingguan Dow Jones menguat +2,09%, S&P 500 melonjak +2,23% dan Nasdaq meningkat +2,31%.

Serasa tidak mau kalah dengan Wall Street, IHSG juga kembali mengukir rekor penutupan tertinggi pada akhir pekan kemaren. IHSG ditutup naik 45,29 poin (+0,68%) menjadi 6.660,618, dengan ditopang oleh net buy asing senilai Rp 693 miliar di pasar reguler. Dengan kenaikan tersebut, maka IHSG berhasil melesat +2,61% dalam sepekan terakhir. Investor asing tercatat membukukan net buy sebesar Rp. 1,01 Triliun di pasar reguler dalam sepekan.

Laju pergerakan IHSG semakin tak terbendung. IHSG kembali bergerak perkasa selama sepekan dan memperbarui rekor tertinggi sepanjang sejarah untuk kesekian kalinya. Penguatan IHSG ini ditopang oleh  kenaikan harga komoditas dan prospek bagus ekonomi global. Melemahnya dolar AS membuat harga-harga komoditas menguat. Pernyataan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin soal dolar AS telah menekan dolar AS pada pekan lalu. Disisi lain, fundamental makro ekonomi domestik semakin membaik, terbukti dari peningkatan souverign rating dari beberapa lembaga pemeringkat internasional. Sementara nilai tukar rupiah juga stabil cenderung menguat. Sentimen positif tersebut diperkirakan masih akan berlanjut, seiring rilis laporan keuangan akhir tahun 2017 mayoritas emiten diprediksi tetap tumbuh dan mengalami peningkatan kinerja.

Secara teknikal IHSG masih dalam kondisi uptrend setelah kembali mencetak rekor. Masih ada potensi bagi IHSG untuk kembali melanjutkan penguatannya menembus ke atas level 6.700. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam rentang kisaran support 6.561 dan resistance di 6.750 pada pekan ini. Indikator teknikal MACD masih bergerak naik diatas centreline, mengindikasikan bahwa IHSG masih bergerak dalam trend positif.

Pola trend pergerakan harga IHSG saat ini terlihat masih dalam pola uptrend. Pola uptrend terbentuk dengan baik  selama bertahan diatas support uptrend linenya. Bila terjadi koreksi, support level 6.561 (area fibonacci 123,6%)  harus diperhatikan sebagai acuan batas koreksi wajar sehingga memiliki peluang untuk kembali lagi melanjutkan kenaikan. Namun bila level support 6.561 tersebut di tembus ke bawah, maka trend naik jangka pendek akan patah, sehingga pola uptrend jangka pendek yang terbentuk bisa berubah menjadi down trend atau memasuki phase konsolidasi jangka menengah.

Minggu ini pekan terakhir bulan Januari dan memasuki awal Februari. Seperti biasa di awal bulan, pelaku pasar mencermati data makro ekonomi seperti data manufaktur dan inflasi pada kamis depan. Bank Indonesia prediksi inflasi bulan Januari ini berada dikisaran 0,73% yang didorong oleh harga beras, daging ayam, dan harga holtikultura seperti cabai. Sementara dari luar negeri, agenda dan kejadian ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar, diantaranya adalah:

  • Hari Selasa 30 Januari 2018 : Rilis data tingkat pengangguran Jepang, Rilis data keyakinan bisnis Australia, Rilis data GDP zona eropa, Rilis data keyakinan konsumen AS, Pernyataan Gubernur BOE Carney
  • Hari Rabu 31 Januari 2018 : Rilis data keyakinan konsumen Jepang, Rilis data keyakinan konsumen Inggris, Rilis data inflasi Australia, Rilis data tingkat pengangguran zona eropa, Pernyataan Presiden Donald Trump, Rilis data pekerjaan ADP dan cadangan minyak AS
  • Hari Kamis 1 Februari 2018: Rilis data Caixin manufaktur China, Rilis data manufaktur Inggris, Pernyataan Fed dan Suku bunga AS, Rilis data manufaktur AS
  • Hari Jum’at 2 Februari 2018 : Rilis data konstruksi Inggris, Rilis data pekerjaan dan tingkat pengangguran AS

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan penguatan dan kembali mencetak rekor baru. Meskipun masih ada potensi bagi IHSG untuk menembus keatas level 6.700 dengan target menuju fibonacci 161,85 di level 6.750. Namun untuk selanjutnya perlu hati-hati, karena IHSG selama ini terus menguat dengan tanpa ada koreksi berarti. Untuk itu disarankan tetap berhati-hati dengan melakukan safe trading. Selalu kontrol resiko, terutama jika kondisi market tiba-tiba menjadi tidak kondusif dan muncul ketidakpastian atau force majeure sesaat pada pasar. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap, mengingat kondisi makro ekonomi dalam negeri  dan global masih cukup positif.  Jika terjadi koreksi, bisa dimanfaatkan dengan melakukan buy on weakness pada saham-saham yang masih berkinerja bagus dan memiliki prospek yang cerah.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium.  Diperlukan pengalaman, keahlian dan strategi khusus dalam melakukan analisa, baik teknikal maupun fundamental untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk masuk ataupun keluar dari posisi trading ataupun investasi. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading/investasi, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Ingin bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya infonya disini: http://step-trader.com/member-area/

Join our FREE Channel telegram at: https://telegram.me/steptrader

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *