IHSG: Konsolidasi Jelang Rilis Data GDP tahun 2018

Bursa  Wall Street ditutup bervariatif pada penutupan perdagangan akhir pekan, usai keluarnya data ketenagakerjaan dan manufatur AS yang memberikan sinyal pertumbuhan ekonomi yang cukup kuat. Namun prospek kinerja Amazon yang sedikit suram, setelah penjualan kuartalan diperkirakan jatuh di bawah estimasi, membebani laju penguatan bursa saham AS. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan adanya kenaikan tajam pada upah pendapatan per jam, serta data nonfarm payrolls melonjak dengan 304.000 pekerjaan pada Januari,  mengalahkan ekspektasi ekonom yang memperkirakan kenaikan 165.000 pekerjaan. Dow Jones ditutup menguat 64,22 poin (+0,26%) menjadi 25.063,89, S&P 500 naik tipis 2,43 poin (+0,09%) menjadi 2.706,53, sedangkan Nasdaq turun 17,87 poin (-0,25%) ke level 7.263,87. Dalam sepekan bursa saham AS kembali menguat, dengan Dow Jones berhasil naik 1,32%, S&P 500 menguat 1,57%, dan Nasdaq bertambah 1,38%.

Sementara dari dalam negeri, IHSG ditutup naik tipis 5,66 poin (+0,09%) ke posisi 6.538,63 pada akhir pekan. Investor asing membukukan net buy dengan melakukan aksi beli saham senilai Rp 826 miliar di pasar regular.  Dalam sepekan, IHSG berhasil melanjutkan rally penguatannya menjadi 6 pekan berturut-turut dengan naik +0,86%, karena didukung oleh net buy asing di pasar reguler sebesar Rp 2,23 Triliun.

Laju penguatan IHSG belum terbendung setelah mampu menguat selama 6 pekan berturutan. Penguatan IHSG ditopang oleh keputusan The Fed mempertahankan suku bunga acuan AS di level 2,25%-2,5%, dengan disertai pernyataan yang bernada dovish. Sikap The Fed yang akan lebih bersabar dalam menaikan suku bunga lebih lanjut, berhasil mendorong penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS meninggalkan level psikologis 14.000, serta membuat dana asing kembali mengalir masuk ke pasar saham dalam jumlah cukup besar. Sementara dari internal, data inflasi cenderung terkontrol setelah pada bulan Januari inflasi tercatat sebesar 0,32%, sehingga inflasi tahunan hanya mencapai 2,82%. Disisi lain, kenaikan kinerja fundamental emiten-emiten yang telah dirilis juga mendukung penguatan IHSG sehingga berhasil naik menembus ke atas level psikologis 6.500.

IHSG terus bergerak naik seiring sentimen positif dari menguatnya stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan. Selain itu meredanya perang dagang antara AS-China, serta masih bagusnya rilis kinerja keuangan perusahaan AS di tengah resiko ancaman perlambatan ekonomi, membuat pasar saham masih di nuansai oleh aura positif. Secara teknikal, setelah berhasil melewati level psikologis 6.500, IHSG saat ini tengah membidik level tertinggi sepanjang sejarah yang pernah dicapainya pada tanggal 20 Februari 2018 di angka 6.693 sebagai target tujuan rally penguatannya. Dari weekly chart, IHSG terlihat masih berada dalam jalur kenaikannya dengan terus bergerak naik di dalam uptrend channelnya. IHSG tampaknya tengah membentuk pola reversal rounding bottom. Indikator teknikal MACD yang masih bergerak naik, mengindikasikan bahwa IHSG masih cenderung bergerak dalam tren positif. Dari weekly chart, terlihat bahwa support IHSG saat ini berada di level 6.380, sedangkan untuk level resistance berada di 6.693.


Weekly chart IHSG membentuk Pola Reversal Rounding Bottom

Untuk perdagangan awal pekan, IHSG kemungkinan akan berkonsolidasi cenderung mengalami koreksi terbatas, mengingat senin besok merupakan hari kejepit jelang libur Imlek pada hari selasa. Aksi profit taking diperkirakan akan menghalangi laju IHSG, karena pelaku pasar tengah menanti rilis data GDP Indonesia pada hari rabu. Data pertumbuhan ekonomi tahun 2018, diperkirakan akan berada di kisaran angka 5,1%-5,15%. Apabila pencapaiannya tidak sesuai ekspektasi atau lebih rendah dapat memicu aksi profit taking lanjutan pada pekan ini. Namun jika data tersebut berhasil di atas estimasi, maka akan berdampak positif terhadap laju pergerakan IHSG. Data lain yang tengah ditunggu oleh investor adalah rilis cadangan devisa akhir Januari pada hari kamis. Sementara dari luar negeri, data dan agenda ekonomi penting yang akan menjadi perhatian para investor pada pekan ini, diantaranya adalah:

  • Selasa 5 Februari  2019 : Rilis data penjualan ritel dan perdagangan Australia, Pernyataan suku bunga RBA (Bank Sentral Australia), Rilis data sektor jasa AS
  • Rabu 6 Februari 2019 : Rilis data perdagangan AS, Pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell
  • Kamis 7 Februari  2019 : Rilis data inflasi Inggris, Kebijakan moneter dan suku bunga BOE (Bank Sentral Inggris)
  • Jum’at 8 Februari 2019 : Pernyataan kebijakan moneter RBA

Untuk sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Kemungkinan IHSG akan berkonsolidasi dan berpotensi bergerak dalam pola sideways setelah menguat terus tanpa henti sejak bulan November tahun lalu. Walaupun belum tentu terjadi koreksi, namun potensi penguatan IHSG cenderung terbatas. Untuk itu disarankan tetap safe trading dan berhati-hati, terutama jika pasar kembali mengalami ketidakpastian dan kondisi market global menjadi tidak kondusif. Terus cermati arah perkembangan pasar dan selalu kontrol resiko sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi massive bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap dengan melakukan buy on weakness, terutama pada saham-saham yang masih memiliki kinerja bagus dan prospek kedepan yang cerah terutama jelang rilis laporan keuangan kwartal ke-4 tahun 2018.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Diperlukan pengalaman, keahlian dan strategi khusus dalam melakukan analisa, baik teknikal maupun fundamental untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk masuk ataupun keluar dari posisi trading ataupun investasi. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading/investasi, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Ingin bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya infonya disini: http://step-trader.com/member-area/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *