Hasil Pemilu Akan Menjadi Faktor Penggerak IHSG Pekan Ini

Bursa Wall Street pada penutupan perdagangan akhir pekan, ditutup menguat didorong oleh kinerja pendapatan kuartal pertama dari JPMorgan yang melampaui perkiraan analis. sehingga meredakan kekhawatiran investor akan adanya persepsi kinerja kuartal satu emiten yang cenderung tertekan. Saham JPMorgan  naik 4,7% dan memimpin reli penguatan sektor perbankan. Dow Jones naik 269,25 poin (+1,03%) ke level 26,412,3, S&P 500 ditutup menguat 19,09 poin (+0,66%) mendekati rekor tertinggi menjadi 2.907,41 dan Nasdaq menambahkan 36,81 poin (+0,46%) ke posisi 7.984,16. Dalam sepekan, Bursa saham AS berakhir mixed, dengan Dow Jones turun tipis -0,05%, sedangkan S&P 500 naik +0,51% dan Nasdaq menguat +0,57%. Musim rilis kinerja keuangan emiten akan menjadi sentimen bagi bursa wall street dalam beberapa minggu ke depan.

Sementara dari dalam negeri, IHSG melemah tipis 4,3 poin (-0,07%) ke posisi 6.405,86 pada akhir pekan. Investor asing tercatat membukukan net sell dengan menjual saham senilai Rp 614 miliar di pasar regular. Untuk sepanjang pekan, IHSG melemah -1,05%, meski capital inflow cenderung stabil dan investor asing tercatat masih membeli saham dengan membukukan net buy sebesar Rp. 448 miliar di pasar reguler.

Sepekan terakhir, IHSG dalam tren melemah dipengaruhi oleh berbagai sentimen. Dari ekternal, diturunkannya pertumbuhan ekonomi global tahun ini oleh IMF dari 3,5% menjadi 3,3%, dan sikap The Fed yang akan mempertahankan suku bunga acuan sepanjang tahun ini, mewarnai pergerakan IHSG. Selain itu, sikap Presiden AS Donald Trump yang mengancam akan mengenakan tarif baru atas barang-barang impor asal Uni Eropa, mempertegas masih adanya proteksionisme perdagangan dan meningkatkan eskalasi ketegangan perang dagang baru di tengah belum tercapainya kesepakatan dagang AS-China, menjadi sentimen negatif bagi market. Dari dalam negeri, kondisi ketidakpastian politik jelang gelaran pemilu yang makin dekat, membuat pelaku pasar mengambil sikap waspada dan memilih wait & see dengan mengamankan posisi portfolionya menjadi faktor tertekannya IHSG pada pekan lalu.

Untuk pekan ini, hasil Pemilu akan menjadi faktor penggerak IHSG. Secara teknikal, IHSG masih belum dapat mendobrak batas atas channel turunnya. Koreksi yang dialami oleh IHSG pada pekan lalu, kembali membuat indeks masuk dalam fase konsolidasi lanjutan di dalam channel turun jangka pendeknya. Indikator teknikal MACD kembali death cross dan mulai bergerak turun ke bawah centreline, mengindikasikan IHSG cenderung mulai bergerak negatif. Diperkirakan IHSG akan bergerak dikisaran 6.337 hingga 6.500 pada perdagangan pekan ini.

Pekan ini akan menjadi pekan yang pendek namun krusial bagi IHSG karena hanya ada 3 hari perdagangan. IHSG akan libur pada hari rabu 17 April 2019 karena pelaksanaan pemilu yang akan memilih presiden dan legislative.Sedangkan hari jum’at 19 April 2019, libur memperingati Good Friday. IHSG diperkirakan akan bergerak signifikan dan berpeluang keluar dari konsolidasinya setelah ada hasil quick count pemilu pada hari Kamis. Apabila hasil quick count tersebut sesuai harapan market, maka IHSG diperkirakan akan kembali menuju ke level 6,500, dan berpeluang melewati resistance level 6.581. Jika kondisi ini terjadi, IHSG berpotensi menuju level tertinggi sepanjang sejarah yang pernah di capainya pada februari tahun lalu di level 6.693. Namun apabila hasil quick count di luar dugaan dan tidak sesuai harapan market, maka IHSG berpeluang terkoreksi dan menjebol support area konsolidasi channel turun jangka pendeknya dan bergerak melemah.

Minggu ini, selain menunggu hasil pemilu, pelaku pasar akan mencermati data ekspor-impor dan neraca perdagangan bulan maret yang akan dirilis pada hari senin awal pekan besok. Sementara dari luar negeri, data dan agenda ekonomi penting yang akan menjadi perhatian para investor pada pekan ini, diantaranya adalah:

  • Selasa 16 April 2016: Meeting dan Kebijakan Moneter Bank Sentral Australia (RBA), Rilis data pekerjaan Inggris, Rilis data perdagangan Jepang
  • Rabu 17 April 2019 : RIlis data GDP China, Rilis data inflasi Inggris, Meeting OPEC, Rilis data perdagangan AS
  • Kamis 18 April 2019 : Rilis data pekerjaan Australia, Rilis data manufaktur zona euro, Rilis data penjualan ritel Inggris, Rilis data penjualan ritel AS, Rilis data inflasi Jepang

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Untuk awal pekan, pergerakan IHSG akan dipengaruhi oleh rilis data perdagangan yang menurut konsensus diperkirakan akan kembali mengalami defisit perdagangan sebesar US$ 180 juta. IHSG bisa saja rebound dan menguat terbatas apabila neraca perdagangan kembali mencatatkan surplus. Sedangkan pada hari selasa IHSG diperkirakan akan berkonsolidasi dikisaran terbatas karena sehari jelang puncak pemilu 2019. IHSG baru akan bergerak signifikan pada hari kamis setelah keluar hasil quick count terlihat siapa capres yang unggul dalam pemilu kali ini. Besar kemungkinan IHSG akan keluar dari konsolidasi channel turun jangka pendeknya yang terbentuk hampir selama 3 bulan terakhir.

Untuk trader jangka pendek disarankan tetap safe trading. Selalu waspada dan hati-hati  apabila kondisi pasar kembali mengalami ketidakpastian dan market menjadi tidak kondusif lagi. Terus cermati arah perkembangan pasar dan selalu kontrol resiko sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi massive bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap dengan melakukan buy on weakness, terutama pada saham-saham yang masih memiliki kinerja bagus dan prospek kedepan yang cerah.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Diperlukan pengalaman, keahlian dan strategi khusus dalam melakukan analisa, baik teknikal maupun fundamental untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk masuk ataupun keluar dari posisi trading ataupun investasi. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading/investasi, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Ingin bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya infonya disini: http://step-trader.com/member-area/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*