Menunggu Rilis Data GDP Q2/2020, IHSG Bergerak Di Area Yang Sempit

Consolidate Word Combining Companies Consolidation Organization

Bursa Wall Street menutup perdagangan akhir pekan dengan penguatan, didorong oleh kenaikan saham teknologi seperti Apple, Facebok dan Amazon, setelah membukukan kinerja laba kuartalan yang kuat. Apple memimpin penguatan dengan kenaikan harga saham sebesar +10,4% ke posisi harga tertinggi baru sepanjang masa, setelah perusahaan mengumumkan rencana pemecahan saham (stock split) dengan rasio 4:1. Sedangkan harga saham Facebook menguat lebih dari 7% karena raksasa media sosial itu membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 11%, bahkan di tengah perlambatan ekonomi akibat pandemi virus korona. Sementara saham Amazon melonjak 3,7% setelah perusahaan berhasil membukukan laba terbesarnya. Di sisi lain, investor terus mengalihkan portfolionya ke aset safe-haven di tengah ketidakpastian tentang pemulihan ekonomi yang membuat emas berjangka melonjak ke level tertinggi sepanjang masa di posisi US$ 2.005,4 per ounce, melewati level US$ 2.000 untuk pertama kalinya dalam sejarah. Dow Jones ditutup naik 114,67 poin (+0,44%) ke level 26.428,32, S&P 500 menguat 24,90 poin (+0,7%) menjadi 3,271.12, dan Nasdaq meningkat 157,46 poin (+1,49%) menjadi 10,745,27. Dalam sepekan, ketiga indeks saham utama AS bervariatif, dengan Dow Jones melemah sebesar -0,16%, sedangkan S&P 500 menguat +1,73% dan Nasdaq melonjak +3,69%. Sementara untuk sepanjang bulan Juli, Bursa Wall Street berhasil membukukan penguatan, dengan Dow Jones naik +2,3%, S&P 500 melonjak +5,5% dan Nasdaq melambung +6,8%.

Sementara dari dalam negeri, IHSG mengakhiri perdagangan akhir pekan di hari kamis dengan kenaikan sebesar 38,514 poin (+0.75%) ke level 5,149,627. Investor asing membukukan pembelian bersih atau foreign net buy sebesar Rp103 miliar di pasar reguler. Dalam sepekan, IHSG berhasil menguat +1,31% meski investor asing masih mencatatkan net sell di pasar reguler sebesar Rp 1,42 triliun. Dan untuk sepanjang bulan Juli, IHSG berhasil meningkat sebesar +4,98%.

IHSG kembali melanjutkan kenaikannya pada pekan lalu, seiring sentimen pelaku pasar yang terus membaik pasca keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunga acuan di level rendah dikisaran 0% – 0,25%, serta komitmennya untuk terus membantu proses pemulihan ekonomi AS. Naiknya sebagian besar harga komoditas utama dunia turut menjadi sentimen positif bagi IHSG. Di sisi lain, rilis beberapa laporan keuangan emiten besar yang keluar, ternyata hasilnya tidak terlalu buruk seperti yang diperkirakan sehingga turut menambah sentimen positif bagi pasar.

Secara teknikal, IHSG masih berada di fase konsolidasi dalam jangka pendek. IHSG terlihat masih bergerak dalam area trading yang sempit membentuk pola rising wedge pattern. Support terdekat IHSG berada di 5.074, sedangkan untuk resistance-nya diperkirakan berada dikisaran 5.170. Apabila mampu menembus dan melewati resistance 5.170 dengan meyakinkan, maka IHSG berpeluang melanjutkan uptrend-nya menuju area resistance di 5.288. Sebaliknya jika gagal bertahan di support 5.074 maka IHSG berpeluang turun menuju support selanjutnya di 4.810.

Untuk minggu ini seperti biasa di awal bulan, pelaku pasar akan mencermati rilis data manufaktur dan inflasi di bulan Juli pada hari senin. Pada hari rabu akan dirilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal kedua yang diperkirakan akan mengalami kontraksi turun -4,2%. Sedangkan pada hari jum’at akan dirilis data cadangan devisa hingga akhir Juli. Sementara dari luar negeri, data dan agenda ekonomi penting yang akan menjadi perhatian investor di pekan ini antara lain :

  • Senin 3 Agustus 2020 : Rilis data GDP Jepang, Rilis data Caixin manufaktur China, Rilis data manufaktur AS
  • Selasa 4 Agustus 2020 : Rilis data perdagangan Australia, Kebijakan suku bunga Australia (RBA)
  • Rabu 5 Agustus 2020 : Rilis data perdagangan dan sektor jasa AS
  • Kamis 6 Agustus 2020 : Kebijakan suku bunga Inggris (BOE) dan Pernyataam Gubernur BOE Bailey
  • Jumat 7 Agustus 2020 : Kebijakan moneter RBA Australia, Rilis data perdagangan Jerman, Rilis data pekerjaan dan tingkat pengangguran AS

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Pergerakan IHSG pekan ini akan ditentukan oleh rilis kinerja keuangan emiten dan data PDB Indonesia di kuartal II/2020. Apabila data PDB yang keluar nanti lebih buruk dari perkiraan, maka IHSG berpeluang akan mengalami tekanan jual. Perhatikan level support 5.074, jika dijebol dan IHSG turun di bawah level ini secara masif, maka disarankan hati-hati. 

Di sisi lain, IHSG sudah mengalami rebound dan bergerak menguat 4 bulan beruntun dari bulan April hingga Juli. Secara statistik kinerja dalam 20 tahun terakhir sejak tahun 2000 hingga 2020, di bulan Agustus IHSG lebih sering mengalami koreksi. Tercatat dari periode tahun 2000-2019, IHSG mengalami kenaikan 8 kali dan penurunan 11 kali di bulan Agustus.

Untuk itu disarankan tetap safe trading dan selalu waspada apabila kondisi pasar kembali menjadi tidak kondusif dan market mengalami ketidakpastian lagi. Selalu kontrol resiko sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi massive bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap dengan melakukan buy on weakness, terutama pada saham-saham yang masih memiliki fundamental bagus dan dan kinerja keuangan yang kuat, serta prospek yang cerah pasca pandemi Covid-19. Atur strategi pembelian dan money manajemennya.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Diperlukan pengalaman, keahlian dan strategi khusus dalam melakukan analisa, baik teknikal maupun fundamental untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk masuk ataupun keluar dari posisi trading ataupun investasi. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading/investasi, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Ingin bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya infonya disini: http://step-trader.com/member-area/