IHSG Siap Mencetak Sejarah Baru, What Next?

Bursa saham Wall Street ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan, didorong oleh kinerja Goldman Sachs yang merilis pendapatan kuartal III yang kuat di jajaran emiten bank papan atas. Kinerja Goldman Sachs tersebut menyusul result kuartal III Bank of America dan bank-bank besar AS yang lainnya pada pekan lalu. Hasil kinerja lembaga keuangan papan atas memberikan awal yang kuat bagi kinerja laba emiten AS di kuartal III, meskipun para investor masih mencermati dalam beberapa pekan ke depan sinyal dampak gangguan rantai pasokan dan biaya tinggi, terutama biaya energi akibat lonjakan harga komoditasnya. Dow Jones ditutup naik 382,2 poin (+1,09%) menjadi 35.294,76, S&P 500 menguat 33,11 poin (+0,75%) menjadi 4.471,37 dan Nasdaq bertambah 73,91 poin (+0,5%) menjadi 14.897,34. Sepanjang pekan lalu, ketiga indeks bursa saham AS mencatatkan penguatan dengan Dow Jones melonjak +1,58%, S&P 500 menanjak +1,82% dan Nasdaq menguat +2,18%.

Sementara dari dalam negeri, IHSG ditutup menguat 7,224 poin (+0,11%) ke level 6.633,338 pada akhir pekan. Investor asing membukukan pembelian bersih sebesar Rp 665 miliar di pasar reguler. Sepanjang pekan lalu, IHSG berhasil melonjak +2,34% dengan diikuti oleh foreign net buy senilai Rp 5,15 triliun di pasar reguler.

Pasar saham Indonesia terus bergerak naik dan berhasil melonjak ke atas level psikologis di 6.600. Reli kenaikan IHSG dipicu oleh sentimen positif dari pulihnya pasar saham global yang dimotori oleh reboundnya Bursa Wall Street yang ditopang oleh saham-saham di sektor teknologi dan perbankan, menyusul hasil positif dari beberapa perusahaan yang telah merilis kinerja kuartal ketiganya pada tahun ini. Selain itu, pendorong kenaikan IHSG masih dari saham-saham emiten di sektor energi, seiring krisis listrik yang menerpa beberapa negara maju membuat negara-negara maju tersebut yang sebelumnya tidak bergantung kepada komoditas batu bara, kini mulai kembali melirik komoditas tersebut untuk mencegah krisis energi menjadi lebih parah. Di sisi lain, masuknya aliran dana dari pemodal asing secara masif ke saham-saham emiten big caps, serta surplus neraca perdagangan RI pada September 2021 sebesar US$ 4,37 miliar turut menjadi penopang melesatnya IHSG. Masifnya aksi beli investor asing ke pasar modal Indonesia tak lepas dari perkembangan kasus Covid-19 di tanah air yang semakin terkendali, sehingga mendorong optimisme investor akan pemulihan ekonomi nasional.

Sepanjang pekan lalu, reli kenaikan IHSG tidak surut dan tanpa ada hambatan apapun, meski pada perdagangan akhir pekan cenderung mulai melambat. IHSG bahkan nyaris menyentuh level penutupan all time high yang tercipta pada tahun 2018 lalu, yakni di level 6.689. Secara teknikal IHSG bullish di fase uptrend yang kuat dalam jangka pendek. Namun terlihat reli kenaikan IHSG sudah mulai melemah, seiring volume transaksi yang menurun menunjukan bahwa kekuatan buyer mulai berkurang. IHSG juga membentuk pola candelstick spinning top yang mengindikasikan peluang untuk terjadi pembalikan harga jika candle berikutnya gagal melanjutkan kenaikannya. 

Untuk pekan ini, IHSG diperkirakan akan bergerak menguji area level all time high di 6.693, yang jika dapat dilewati akan menguji level 6.721 sebagai resistance di minggu ini. Sedangkan apabila reli kenaikan gagal berlanjut, terbuka ruang untuk mengalami pullback menguji area support level di 6.504 dengan support selanjutnya di 6.394. Indikator teknikal MACD yang bergerak naik diatas centreline mengindikasikan bahwa IHSG masih bergerak dalam tren positif.

Untuk minggu ini pelaku pasar akan mencermati hasil rapat dewan gubernur BI pada hari selasa yang diperkirakan akan tetap menahan suku bunga acuan di level 3,5%. Sementara dari luar negeri, data dan agenda ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari investor di pekan ini antara lain adalah :

  • Senin 18 Oktober 2021 : Rilis data GDP dan penjualan ritel China
  • Selasa 19 Oktober 2021 : Kebijakan moneter Bank Sentral Australia RBA, Rilis data perumahan AS
  • Rabu 20 Oktober 2021 : Rilis data perdagangan Jepang, Rilis data inflasi Inggris
  • Jum’at 22 Oktober 2021 : Pernyataan Gubernur RBA Lowe, Rilis data inflasi Jepang, Rilis data manufaktur dan jasa zona eropa

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. IHSG terus bergerak naik dalam fase bullish yang kuat, ditopang oleh aliran dana asing yang terus masuk ke pasar saham Indonesia. Ada potensi IHSG akan mencetak sejarah baru dengan menembus rekor tertinggi sebelumnya yang berada di level 6.693, yang terjadi pada tahun 2018 silam. Meski candlestick terakhir kurang bagus, namun sementara ini belum terlihat ada tanda-tanda IHSG bakal mengalami koreksi. Jika terjadi koreksi, kemungkinan merupakan koreksi yang wajar selama sentimen beli investor asing masih cukup kuat.

Namun demikian, tetap disarankan safe trading dan hati-hati, serta kontrol resiko sesuai dengan trading plans yang telah dibuat karena IHSG sudah naik cukup tinggi sehingga rawan terjadi koreksi dalam jangka pendek. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi massive bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap dengan melakukan buy on weakness, terutama pada saham-saham yang masih memiliki fundamental bagus dan dan kinerja keuangan yang kuat, serta prospek yang cerah pasca berakhirnya pandemi Covid-19 nanti. Atur strategi pembelian dan money manajemennya.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Diperlukan pengalaman, keahlian dan strategi khusus dalam melakukan analisa, baik teknikal maupun fundamental untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk masuk ataupun keluar dari posisi trading ataupun investasi. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading/investasi, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Ingin bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya infonya disini: http://step-trader.com/member-area/