Menunggu Data Inflasi Dan GDP Q2/2022, Bagaimana Pergerakan IHSG Pekan Ini?

Bursa Wall Street ditutup menguat dan memperpanjang reli kenaikannya pada akhir pekan, didorong oleh kinerja kuat laba emiten teknologi. Keuntungan dari dua saham tekno terbesar menopang pasar. Saham Amazon melonjak hampir 10,4% setelah raksasa e-commerce itu melaporkan penjualan yang lebih kuat dari perkiraan untuk kuartal sebelumnya. Sementara saham Apple naik 3,25% setelah membukukan pendapatan iPhone yang lebih baik dari perkiraan dan mengatakan bahwa kekurangan suku cadang mulai berkurang serta permintaan untuk iPhone terus berlanjut. Dow Jones ditutup naik 315,5 poin (+0,97%) menjadi 32.845,13, S&P 500 menguat 57,86 poin (+1,42%) menjadi 4.130,29 dan Nasdaq Composite meningkat 228,10 poin (+1,88%) menjadi 12.390,69. Ketiga indeks saham utama AS berhasil naik untuk minggu ini, dengan Dow Jones menguat +2,97%, S&P 500 melonjak +4,26% dan Nasdaq melambung +4,7%. Sepanjang bulan Juli, Wall Street berhasil membukukan kenaikan bulanan terbesar mereka sejak tahun 2020 setalah Dow Jones naik +6,7%, S&P 500 menambahkan +9,1% dan Nasdaq melonjak +12,4%.

Sementara dari dalam negeri, IHSG melemah tipis 5,694 poin (-0,08%) ditutup di level 6.951,123 pada akhir pekan, meski investor asing membukukan net buy sebesar Rp. 529 milyar di pasar reguler. Walaupun turun di akhir pekan, tapi dalam sepekan IHSG berhasil menguat +0,93%. Sepanjang minggu lalu, investor asing tercatat membukukan net sell di pasar reguler sebesar Rp 488 miliar. Sedangkan untuk sepanjang bulan Juli 2022, IHSG mengalami penguatan sebesar +0,57% meski investor asing tercatat melakukan net sell senilai Rp 5,34 triliun di pasar regular dalam sebulan.

Di tengah kekhawatiran akan pelemahan ekonomi dunia pasca pengumuman kebijakan moneter dan data ekonomi AS, pasar saham Indonesia malah berhasil menguat pada pekan lalu. Penguatan IHSG ditopang oleh rilis kinerja emiten kwartal kedua yang tumbuh signifikan, khususnya emiten blue chip setelah melaporkan kinerja keuangan yang mengalami pertumbuhan signifikan dari periode yang sama tahun lalu. Kinerja positif IHSG juga sejalan dengan bursa saham global lainnya yang ikut menguat, meskipun The Fed masih mengetatkan kebijakan moneternya setelah menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 bps menjadi 2,25% hingga 2,5%, dan AS mengumumkan kontraksi ekonomi pada kuartal kedua tahun ini.

Ter-price in-nya kenaikan suku bunga acuan di AS sesuai perkiraan dan solidnya laporan keuangan emiten di semester I-2022, serta reboundnya harga komoditas pada pekan lalu, berhasil mendorong kenaikan IHSG sehingga mengalami penguatan untuk minggu kedua secara beruntun. Technically, pasar saham Indonesia berada di fase uptrend dalam jangka pendek. IHSG terlihat bergerak naik menuju area resistance dikisaran level 7.140 pada pekan ini. Sementara untuk level support minggu ini diprediksikan berada di area 6.850. Indikator teknikal MACD yang bergerak naik mencoba cross up keatas centreline mengindikasikan bahwa IHSG bergerak dalam momentum positif, sehingga masih berpeluang melanjutkan kenaikannya dalam jangka pendek.

Untuk minggu ini seperti biasa di awal bulan, pelaku pasar akan mencermati rilis data ekonomi yaitu data manufaktur dan inflasi bulan Juli pada hari senin. BI memprediksi inflasi Juli 2022 sebesar 0,5% secara bulanan, sehingga secara tahunan inflasi Juli diperkirakan berada di 4,8%. Sedangkan pada hari jum’at pelaku pasar akan mencermati rilis data cadangan devisa akhir Juli, serta rilis data GDP kuartal kedua tahun ini yang diperkirakan masih berada dikisaran 5%. Sementara dari luar negeri, data dan agenda ekonomi penting yang akan menjadi perhatian dari investor di minggu ini antara lain adalah :

  • Senin 1 Agustus 2022 : Rilis data Caixin manufaktur China, Rilis data tingkat pengangguran zona eropa, Rilis data manufaktur AS
  • Selasa 2 Agustus 2022 : Kebijakan suku bunga Australia
  • Rabu 3 Agustus 2022 : Rilis data perdagangan Jerman, Rilis data sektor jasa AS
  • Kamis 4 Agustus 2022 : Rilis data perdagangan Australia, Kebijakan moneter dan suku bunga Bank Sentral Inggris (BOE), Rilis data perdagangan AS
  • Jumat 5 Agustus 2022 : Pernyataan dan kebijakan moneter bank sentral Australia (RBA), Rilis data pekerjaan dan tingkat pengangguran AS

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Pergerakan IHSG minggu ini akan dipengaruhi oleh rilis data inflasi nasional dan GDP kuartal kedua. Apabila GDP kuartal kedua masih tumbuh diatas 5% maka IHSG masih ada potensi melanjutkan reli penguatannya menguji area resistance dikisaran level 7.060 hingga 7.140. Namun jika datanya keluar nanti pertumbuhan ekonomi Indonesia dibawah angka 5%, maka IHSG berpotensi mengalami profit taking setelah mengalami reli kenaikan dua pekan berturut-turut.

Meski saat ini kelihatan IHSG mulai naik, namun market masih belum terlalu kondusif. Untuk itu disarankan tetap safe trading dan selalu kontrol resiko sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor, jika terjadi koreksi massive bisa dimanfaatkan untuk akumulasi bertahap dengan melakukan buy on weakness, terutama pada saham-saham yang masih memiliki fundamental bagus dan dan kinerja keuangan yang kuat, serta prospek yang cerah kedepan. Atur strategi pembelian dan money manajemennya dengan baik.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Diperlukan pengalaman, keahlian dan strategi khusus dalam melakukan analisa, baik teknikal maupun fundamental untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk masuk ataupun keluar dari posisi trading ataupun investasi. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading/investasi, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Ingin bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya infonya disini: http://step-trader.com/member-area/