Masih Berkonsolidasi, Namun Rawan Pembalikan Arah

IHSG berhasil menguat dalam 5 hari berturut-turut dan telah menutup gap yang terbentuk pasca koreksi tajam akibat kekecewaan investor terhadap hasil pemilu legislatif pada tanggal 9 April lalu, di 4829-4906. Pemodal asing juga telah kembali masuk ke market, sehingga dana asing yang keluar sebesar Rp. 1,5 triliun pasca mengecewakannya hasil quick count pemilu legislatif lalu juga telah kembali.

Yang menarik.. jika dilihat dari analisa teknikal, terlihat bahwa kenaikan IHSG mulai berat. Dalam 3 hari terakhir, IHSG selalu dibuka lompat dari harga penutupan sehari sebelumnya, namun pada saat closing harga selalu dibawah harga open, sehingga membentuk pola doji star. Pola tersebut mengindikasikan bahwa IHSG berpotensi terkena profit taking jika gagal melanjutkan penguatannya. Apalagi kenaikan dalam 5 hari berturut terlihat bahwa volume transaksi semakin berkurang, sehingga mengindikasikan bahwa kekuatan buyer mulai melemah.

Merujuk pada penutupan Bursa Wall Street yang berakhir mixed pada akhir pekan kemaren sebelum libur Jum’at Agung (Good Friday), dan EIDO yang ditutup naik tipis +0,46%, maka untuk awal pekan besok, IHSG diperkiaran akan melanjutkan konsolidasinya, dengan level support di 4863, sedangkan untuk resistennya di level 4933. Indikator teknikal yang terlihat masih bergerak mixed, dimana Stochastic dan MACD masih cenderung bergerak sideways, mengindikasikan bahwa indeks masih berkonsolidasi.

20Apr14-IHSG

Mengingat masih minimnya sentimen positif dan ketidakstabilan politik dalam negeri, akibat manuver-manuver partai politik dalam menggalang koalisi, hingga sampai didaftarkannya pasangan capres-cawapres ke KPU pada tanggal 18 sampai 20 Mei 2014, maka masih terdapat resiko pada IHSG sehingga akan lebih bijaksana jika pemodal melakukan trading dalam jangka pendek. Dan jika besok IHSG kembali di buka dengan tarikan naik (open gap), sebaiknya lakukan profit taking, khususnya pada saham-saham yang telah mencapai targetnya atau berada di resisten puncaknya, namun gagal untuk menguat lebih lanjut. Waspadai pembalikan arah yang dimungkinkan dapat terjadi setiap saat, terlebih pada saham-saham yang mengeluarkan signal reversal.

Untuk mengetahui trading plans dari saham-saham apa saja yang masih berpotensi memberikan profit dan masuk kedalam stock picks pilihan kami, maka anda dapat bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com. Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi member premium kami dapat melihatnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Save Trading, Good Luck & GBU Always..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*