IHSG Bersiap Mengakhiri Konsolidasinya Dan Berpotensi Melanjutkan Penguatan

Bursa wall street di tutup menguat pada akhir pekan, didorong oleh rencana Presiden Donald Trump untuk memangkas regulasi aturan perbankan AS dan rilis data tenaga kerja AS yang kuat. Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan penambahan 227 ribu pekerjaan di sektor swasta pada bulan Januari, jauh di atas harapan ekonom sekitar 175 ribu. Dow Jones di tutup naik 186,55 poin (+0,94%) ke level 20.071,46,  S&P 500 mendaki 16,57 poin(+0,73%) ke 2.297,42 dan Nasdaq bertambah 30,57 poin (+0,54%) menjadi 5.666,77. Sepanjang minggu kemaren Bursa AS bergerak mixed merespon kebijakan-kebijakan Presiden Donald Trump dan rilis kinerja keuangan emiten. Dalam sepekan Dow Jones turun -0,11%, sementara S&P 500 naik +0,12% dan Nasdaq menguat +0,11%.

Dari dalam negeri, IHSG berhasil menutup perdagangan akhir pekan dengan menguat 7,054 poin (+0,13%) ke posisi 5.360,767, diikuti oleh net foreign buy di pasar reguler sebesar Rp. 389 miliar. Sepanjang pekan kemaren, IHSG berhasil menguat hingga +0,90%, karena ditopang oleh aliran dana asing yang masuk sebesar Rp. 790 miliar di pasar reguler. Investor mulai mengukur implikasi atas kebijakan pemerintah baru AS di bawah Donald Trump terhadap perekonomian indonesia.

Setelah sejak memulai perdagangan awal tahun ini IHSG bergerak dalam fase konsolidasi di kisaran 5246-5360, akhir pekan kemaren IHSG mulai bergerak cenderung naik dengan di tutup di level 5360, tepat di resisten area konsolidasinya. Kenaikan IHSG ini diduga karena investor mengantisipasi musim laporan keuangan dan laporan pertumbuhan ekonomi (GDP) kuartal 4-2016 yang akan segera dirilis.

Technically, kondisi IHSG saat ini masih berada dalam fase konsolidasi dikisaran 5246-5360, dengan kecenderungan menguat menembus area resistennya. Dari indikator teknikal, Moving Average periode pendek masih berada di atas Moving Average periode panjang. Stochastic masih bergerak naik diarea overbought. Sedangkan MACD mulai bergerak naik, dengan histogram bar hijau meningkat diatas centreline. Dari indikator teknikal tersebut, mengidikasikan bahwa kondisi IHSG terlihat makin membaik, sehingga berpeluang mengakhiri konsolidasinya dengan bergerak naik melanjutkan penguatannya.

Jika IHSG mampu melewati resisten 5360 dan bertahan diatasnya, maka IHSG membuka potensi ruang kenaikan menuju kisaran gap atas di 5380-5443. Diharapkan IHSG bisa keluar dari kisaran konsolidasi dan membentuk trend naik yang solid agar dapat mencetak rekor baru. Untuk hari senin besok, IHSG diprediksikan akan bergerak dikisaran support 5330, sedangkan resistennya diperkirakan akan berada di level 5391.

Pekan ini investor disibukan oleh data-data ekonomi dari dalam negeri yang banyak dirilis. Dimulai dari hari senin besok, akan dirilis data pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2016. Sejumlah ekonom memperkirakan ekonomi kuartal 4 hanya akan tumbuh dikisaran 4,9%-5%, sehingga secara keseluruhan tahun 2016 akan bertumbuh sebesar 5%. Sedangkan pada hari selasa akan dirilis data cadangan devisa akhir Januari 2017 dan hari jum’at akan dirilis data neraca perdagangan Indonesia kuartal 4.

Sementara dari luar negeri, tidak banyak rilis data penting. Beberapa agenda dan data ekonomi dari luar nergeri yang diperkirakan akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar adalah:

  • Hari Selasa: Rilis neraca perdagangan AS
  • Hari Rabu: Rilis data persediaan minyak AS
  • Hari Kamis: Rilis data klaim pengangguran AS
  • Hari Jumat: Rilis data perdagangan China, rilis data sentimen konsumen AS

Melajunya bursa saham dunia di akhir pekan, terutama Dow Jones yang kembali bergerak naik dan telah kembali ke atas level 20.000 serta hampir menembus level tertingginya lagi, akan menjadi sentimen positif bagi bursa saham asia dan IHSG pada awal perdagangan besok. Namun pergerakan IHSG di awal pekan ini akan ditentukan dari rilis data GDP kuartal IV-2016. Jika nanti hasilnya bagus dan mampu tumbuh diatas kuartal sebelumnya di level 5,02%, maka IHSG akan melanjutkan penguatannya. Apalagi jika dapat tumbuh melewati angka 5,1%, maka IHSG diperkirakan akan dengan mudah melewati level 5400. Namun apabila pertumbuhan ekonomi tumbuh di bawah level 5%, maka IHSG diperkirakan akan mengalami profit taking.

Untuk sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Jika melihat dana asing yang kembali mulai mengalir masuk ke bursa Indonesia, maka kami memperkirakan IHSG masih berpotensi melanjutkan penguatannya. Walaupun begitu, bagi trader tetap disarankan untuk lakukan safe trading dan tunggu hingga keadaan terkonfirmasi. Terapkan strategi trading jangka pendek sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor jika terjadi pelemahan, masih bisa dimanfaatkan dengan melakukan buy on weakness secara bertahap, terutama pada saham-saham yang diperkirakan masih memiliki prospek kinerja cemerlang jelang rilis laporan keuangan kwartal 4 2016. Hal ini bisa dilakukan dengan mencermati saham-saham yang laporan keuangan kuartal 1, 2 dan 3 tahun 2016 hasilnya bagus, karena kemungkinan hasil kinerja di kuartal 4 juga akan bagus.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Special promo diskon biaya membership di ulang tahun ke-6 Step-trader.com.

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke 6, kami memberikan diskon khusus membership yang berlaku bagi pendaftar baru maupun member aktif yang ingin menambah periode membership yang sudah ada saat ini. Diskon khusus ulang tahun ini berlaku bagi pendaftar yang melakukan konfirmasi pembayaran selama bulan Februari 2017 ini. Pendaftaran member baru ataupun perpanjangan biaya membership selama bulan Februari kami berikan diskon 40%, dari Rp. 500.000 per bulan menjadi Rp. 300.000,- per bulan dan berlaku kelipatannya. Jika mengambil paket 1 tahun langsung kami berikan diskon tambahan 2 bulan free, menjadi sebesar Rp. 3.000.000,- per tahun.  Dan apabila bergabung dalam grup untuk 3 orang dengan membayar langsung setahun diberikan harga Rp. 6.000.000,- per paket untuk 3 orang per tahun. Bagi member baru yang ingin mendaftar caranya dapat dilihat disini http://step-trader.com/member-area/. Ayo segera manfaatkan kesempatan ini!

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Join layanan messaging satu arah di Channel Telegram Messenger kami untuk mendapatkan update rekomendasi langsung melalui smartphone Anda. Silahkan download Telegram Messenger di Playstore atau Appstore anda. Temukan kami dengan search: @steptrader

atau…

klik link berikut: https://telegram.me/steptrader

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*