Kembali Berkonsolidasi, IHSG Cenderung Untuk Melemah

Bursa Wall Street kembali menguat pada perdagangan akhir pekan. Penguatan ini  ditopang oleh Trump Rallly yang terlihat sejak pemilu pada November lalu. Dow Jones kembali mencapai rekor tertingginya selama 7 hari berturut-turut, dengan di tutup naik tipis 4,28 poin (+0,02%) ke level 20.624,05. Sementara S&P menguat 3,94 poin (+0,17%) ke angka 2.351,16 dan Nasdaq menambahkan 23,68 poin (+0,41%) menjadi 5.838,58. Secara mingguan, Bursa AS berhasil melanjutkan rally kenaikannya, didorong oleh optimisme dari tanda-tanda penguatan ekonomi AS serta antisipasi kebijakan fiskal Presiden Donald Trump terkait dengan pemotongan pajak. Dalam sepekan, Dow Jones berhasil naik +1,75%, S&P 500 meningkat +1,51% dan Nasdaq menambahkan +1,82%.

Dari dalam negeri, menutup perdagangan akhir pekan IHSG melemah 27,06 poin (-0,50%) ke 5.350,932. Investor asing mencatatkan net foreign sell di pasar reguler sebesar Rp. 553 miliar. Sepanjang pekan lalu, IHSG tercatat melemah -0,39%, dengan diikuti oleh aliran dana asing yang keluar dari bursa sebesar Rp. 221 miliar di pasar reguler.

Setelah libur pilkada IHSG kembali melemah. Pelemahan untuk hari ke-3 berturut-turut yang disertai dengan kembali keluarnya dana asing, terjadi setelah pernyataan ketua The Fed Janet Yellen di depan Senat komite perbankan pada pertengahan pekan lalu. Yellen menjadi sorotan setelah mengatakan bahwa menunggu lama untuk menaikkan suku bunga AS adalah tidak bijaksana. Penyesuaian suku bunga akan dilakukan melihat kondisi inflasi, penjualan ritel dan tenaga kerja AS yang ditargetkan The Fed. Hal ini menunjukan bahwa pernyataan Yellen tersebut mengindikasikan suku bunga AS dapat meningkat lebih awal. Pasca komentar tersebut, pelaku pasar pun memprediksi kenaikan suku bunga AS pada Maret 2017 mencapai 44 persen. Disisi lain, pilkada DKI juga menyisakan ketidakpastian baru, setelah dipastikan akan memasuki 2 putaran. Pelaku pasar sepertinya harus sabar menunggu sentimen Pilkada DKI berlanjut hingga pertengahan April.

Secara teknikal, IHSG masih close di dekat area support terdekatnya di level 5349. Kondisi ini memang masih menujukan bahwa IHSG masih berkonsolidasi, bergerak stabil dan belum kemana-mana. Namun dari indikator teknikal, terlihat bahwa Stochastic masih bergerak turun, sedangkan MACD telah death cross. Sementara moving average periode pendek masih berada di atas Moving Average periode panjang. Dari kondisi teknikal tersebut, menunjukan bahwa IHSG masih bergerak mixed dengan mengalami konsolidasi dalam jangka pendek, namun dengan kecenderungan untuk melemah. Untuk pekan ini, jika turun dan gagal bertahan diatas level 5349, maka IHSG berpeluang menuju support di 5292. Sementara untuk resisten IHSG pekan ini diperkirakan akan berada di 5419. Penembusan keatas 5419, berpeluang membuat IHSG menutup gap atas di level 5443.

Tidak ada data penting dari dalam negeri yang akan dirilis pada pekan ini. Pelaku pasar hanya akan menunggu kinerja laporan keuangan FY 2016 dari beberapa emiten yang akan dirilis. Sedangkan dari luar negeri, beberapa agenda dan data ekonomi yang diperkirakan akan menjadi perhatian dari para pelaku pasar adalah:

  • Hari Senin; Rilis data neraca perdagangan Jepang, rilis indeks kepercayaan konsumen zona euro dan pertemuan grup euro.
  • Hari Rabu: Rilis perkiraan data GDP Inggris
  • Hari Kamis: Laporan meeting The Fed, Rilis data klaim pengangguran dan persediaan minyak AS
  • Hari Jum’at: Rilis data penjualan rumah baru AS

Untuk pekan ini, IHSG kemungkinan akan bergerak sideways cenderung melemah. Tidak ada sentimen positif dari dalam negeri yang berarti selain rilis laporan kinerja keuangan. Sementara penguatan pada bursa saham dunia pergerakan naiknya juga terlihat mulai melambat. Kondisi ini akan membuat pelaku pasar masih cenderung untuk berhati-hati dalam melakukan trading. Ditambah lagi adanya aksi demo pada hari selasa tanggal 21 Februari 2017 dengan agenda untuk mencopot Ahok sebagai gubernur DKI, akan kembali membuat investor untuk wait & see. Untuk hari senin besok, IHSG diperkirakan akan bergerak dengan support di 5322, sedangka untuk level resistennya berada di 5377.

Sementara ini dulu yang bisa saya sampaikan dalam weekly strategic analysis pada pekan ini. Jika melihat aliran dana asing yang keluar dari bursa Indonesia dalam 3 hari terkahir cukup besar, maka disarankan untuk mulai berhati-hati dalam menerapkan strategi trading. Tetap lakukan safe trading dan kontrol resiko dengan menerapkan strategi trading jangka pendek sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor jika terjadi pelemahan, masih bisa dimanfaatkan dengan melakukan buy on weakness secara bertahap. Fokus tetap pada saham-saham yang telah merilis laporan kinerja keuangan FY 2016 bagus, atau akan merilis kinerja yang diperkirakan masih memiliki prospek kinerja cemerlang.

Mengenai saham-saham apa saja yang menarik untuk di tradingkan dalam jangka pendek atau saham-saham apa yang dapat diakumulasi untuk menjadi investasi jika terjadi koreksi, akan diulas secara khusus di area member premium. Bagi anda yang berminat untuk memperoleh ulasan market outlook, arahan dan ide trading, serta ingin bergabung ke dalam group kami dengan menjadi member premium dari Step-trader.com, dapat melihat info lengkapnya pada bagian MEMBER REGISTRATION diatas.

Special promo diskon biaya membership di ulang tahun ke-6 Step-trader.com

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke 6, kami memberikan diskon khusus membership yang berlaku bagi pendaftar baru maupun member aktif yang ingin menambah periode membership yang sudah ada saat ini. Diskon khusus ulang tahun ini berlaku bagi pendaftar yang melakukan konfirmasi pembayaran selama bulan Februari 2017 ini. Pendaftaran member baru ataupun perpanjangan biaya membership selama bulan Februari kami berikan diskon 40%, dari Rp. 500.000 per bulan menjadi Rp. 300.000,- per bulan dan berlaku kelipatannya. Jika mengambil paket 1 tahun langsung, kami berikan diskon tambahan 2 bulan free, menjadi sebesar Rp. 3.000.000,- per tahun.  Dan apabila bergabung dalam grup untuk 3 orang dengan membayar langsung setahun diberikan harga Rp. 6.000.000,- per paket untuk 3 orang per tahun. Bagi member baru yang ingin mendaftar caranya dapat dilihat disini:  http://step-trader.com/member-area. Ayo segera manfaatkan kesempatan ini!

Safe Trading, Good Luck & GBU Always

Join layanan messaging satu arah di Channel Telegram Messenger kami untuk mendapatkan update rekomendasi langsung melalui smartphone Anda. Silahkan download Telegram Messenger di Playstore atau Appstore anda. Temukan kami dengan search: @steptrader

atau…

klik link berikut: https://telegram.me/steptrader

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*